Pengamat: akuntan berperan wujudkan "good corporate governance"

id pengamat: akuntan berperan

Pengamat: akuntan berperan wujudkan "good corporate governance"

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Akuntan mempunyai posisi penting dan peran yang signifikan untuk mewujudkan "good corporate governance", kata pengamat ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta Achmad Baraba.

"Dengan demikian, kehadiran akuntan profesional yang mempunyai integritas dan dedikasi tinggi terhadap profesinya, sangat dibutuhkan," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Pada kuliah umum mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM), ia mengatakan profesi akuntan juga memperkuat standar akuntansi dan audit.

"Hal itu untuk meyakinkan bahwa profesionalisme mereka sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dalam melindungi kepentingan `stakeholder`," katanya.

Menurut dia, auditor independen wajib bersikap profesional dalam menyampaikan opininya berdasarkan standar profesional. Opini yang diberikan itu kemudian menjadi salah satu indikator seberapa jauh perusahaan telah menerapkan "good corporate governance".

"Meskipun nanti tanggung jawab utama dalam menerapkan prinsip-prinsip `good corporate governance` ada pada pihak manajemen perusahaan itu sendiri," kata Komisaris Independen Bank BJB itu.

Ia mengatakan penerapan "good corporate governance" juga tidak bisa lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik internal maupun eksternal.

Faktor internal yang turut mempengaruhi "good corporate governance" di antaranya budaya perusahaan, peraturan perusahaan, manajemen berbasis risiko, dan akurasi dan transparansi dari sistem informasi.

Faktor eksternal yang berpengaruh pada penerapan "good corporate governance" yakni sistem hukum yang baik dan efektif, penyelenggaraan pemerintahan yang baik, standar praktis profesional maupun nilai-nilai sosial yang berlaku.

"Jadi, akuntan adalah salah satu komponen dalam keberhasilan penerapan `good corporate governance`," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024