Kementerian PPPA dorong peningkatan keterwakilan perempuan

id caleg perempuan

Kementerian PPPA dorong peningkatan keterwakilan perempuan

Pilih Caleg Perempuan Sejumlah Caleg perempuan Yogyakarta mengikuti donor darah dalam acara Pilih Caleg Perempuan di Yogyakarta, Minggu (16/3). Antara Foto/Sigid Kurniawan/14

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendorong peningkatan keterwakilan perempuan di lembaga legislatif dengan menggelar kegiatan bertajuk "Caleg Perempuan Memberi Arti" yang digelar di Yogyakarta, Minggu.

"Keterwakilan perempuan di lembaga legislatif masih sangat rendah, khususnya di DPRD tingkat kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Ketua Panitia Kegiatan "Caleg Perempuan Memberi Arti" Hery Rahmadi di Yogyakarta.

Menurut dia, dari 497 DPRD kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, masih ada sekitar 100 lembaga legislatif yang tidak memiliki wakil dari perempuan, dan ada 100 lembaga legislatif yang hanya diwakili satu perempuan.

Secara umum,keterwakilan perempuan di lembaga legislatif tingkat dua di seluruh Indonesia hanya berkisar antara 11-12 persen, di tingkat provinsi tercatat sebanyak 14 persen, dan tingkat pusat sebanyak 18 persen.

Ia mengatakan keterwakilan perempuan harus terus ditingkatkan karena ada berbagai isu yang lebih dikuasai oleh perempuan, misalnya upaya menekan gizi buruk, menekan angka kematian ibu dan bayi, perdagangan manusia, dan perempuan.

"Oleh karena itu, kami mencoba upaya afirmatif untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa caleg perempuan juga bisa memiliki kiprah dan peran untuk masyarakat secara luas," katanya.

Ia berharap syarat 30 persen caleg perempuan yang harus dipenuhi seluruh partai dapat meningkatkan keterwakilan perempuan yang duduk di lembaga legislatif.

"Pada periode pemilu sebelumnya, syarat 30 persen perempuan itu belum menjadi syarat mutlak. Karena saat ini sudah menjadi syarat mutlak, maka peluang calon perempuan untuk dipilih akan semakin besar," katanya.

Hery mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan mendekati pemungutan suara dengan harapan masyarakat bisa paham dan mengingat untuk memilih caleg perempuan.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan deklarasi yang diikuti 18 caleg perempuan yang akan bersaing memperebutkan kursi di DPRD DIY.

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan acara senam massal yang diikuti ratusan peserta, gerak jalan, dan donor darah. 

(E013)

Pewarta :
Editor: Sigid Kurniawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024