BKL Tunas Mekar berdayakan lansia lebih produktif

id bkl tunas mekar

BKL Tunas Mekar berdayakan lansia lebih produktif

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo (Foto Antara/Mamiek)

Kulon Progo  (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan apresiasi kepada pengelola Bina Keluarga Lansia Tunas Mekar Dusun Bulak, Desa Tuksono, yang telah memberdayakan lansia lebih produktif.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Bina Keluarga Lansia (BKL) Tunas Mekar mampu memajukan lansia lebih produktif dalam bidang kesenian, industri rumah tangga, dan kegiatan kemasyarakatan.

"Kami sangat bangga kepada BKL yang telah membina lansia sesuai kemampuannya. Bahkan mereka masih produktif secara ekonomi," kata Hasto.

Menurut Hasto, untuk menjadi orang tua yang bisa melaksanakan konsep seperti itu tentunya harus dipersiapkan. Harus sehat, produktif, dan memiliki ilmu.

Lebih lanjut Hasto menganjurkan lansia melakukan senam beban, yaitu senam yang membebani tulang supaya tulang lebih awet dan tidak keropos.

"Untuk itu, lansia yang sudah berumur 50 tahun ke atas mari ikut senam beban, untuk melatih tulang supaya lebih kuat," kata Hasto.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi DIY Tjondrorini mengatakan Bupati Kulon Progo memiliki komitmen terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang luar biasa.

Tjondrorini mengatakan BKL merupakan suatu wadah atau kegiatan dimana tujuannya adalah untuk memberdayakan lansia supaya betul-betul menjadi insan yang produktif, sehat, dan bermanfaat sehingga tidak menjadi beban keluarga, masyarakat dan pemerintah.

"Kegiatan BKL yaitu memberdayakan lansia supaya menjadi insan yang tetap bermanfaat," kata dia.

Menurut dia, BKL Tunas Mekar mampu memanfaatkan bahan lokal yang ada disekitar rumah lansia untuk meningkatkan produktifitas melalui pengolahan pucuk pohon gebang menjadi agel dan kemudian dibuat kerajinan tas. "Ini sunggug luar biasa. Lansia secara produktif dan mandiri mampu berkreasi," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024