Menkokesra luncurkan program "Gerbang Kampung" di Cirebon

id agung laksono gerbang

Menkokesra luncurkan program "Gerbang Kampung" di Cirebon

Menko Kesra Agung Laksono (antaranews.com)

Cirebon (Antara Jogja) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono meluncurkan program terpadu "Gerbang Kampung" (Gerakan Pembangunan Kampung" di Cirebon, Jawa Barat, Kamis, sebagai percepatan penanggulangan kemiskinan.

"Program 'Gerbang Kampung' merupakan upaya pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan," kata Agung Laksono setelah peresmian "Gerbang Kampung" di Kelurahan Kasepuhan, Kota Cirebon.

Ia menjelaskan terkait dengan program itu, sejumlah kementerian dan lembaga melakukan koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi.

Di samping upaya percepatan pembangunan, katanya, pemerintah memiliki perhatian yang serius untuk memberikan apresiasi terhadap pelestarian nilai-nilai budaya.

"Seperti yang saat ini dilakukan di Cirebon, pemerintah memberikan perhatian terhadap kualitas fisik atau bangunan peninggalan budaya, seperti renovasi museum," katanya.

Agung mengatakan program "Gerbang Kampung" telah dilakukan di beberapa kabupaten dan kota lainnya.

"Sebelumnya saya juga meluncurkan program 'Gerbang Kampung' di Sulawesi, Sumatra, dan Jawa," katanya.

Agung mengatakan 300 kabupaten dan kota menjadi sasaran program "Gerbang Kampung".

"Selama ini, masing-masing kementerian atau lembaga memiliki program percepatan pembangunan untuk pengentasan kemiskinan, namun melalui program 'Gerbang Kampung' ini, semua program yang ada kita sinergikan," katanya.

W004

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar