Kemkominfo: "Sail Raja Ampat" terus dipromosikan

id kemkominfo: sail raja ampat

Kemkominfo: "Sail Raja Ampat" terus dipromosikan

Sail Raja Ampat 2014 ( Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Kementerian Komunikasi dan Informasi terus mempromosikan "Sail Raja Ampat" melalui berbagai kegiatan dengan harapan bisa membangkitkan jiwa bahari rakyat Indonesia.


"Kalau selama ini sering dipromosikan orientasi hijau atau 'go green', maka kini saatnya kita mempromosikan orientasi biru, yaitu potensi laut dan maritim kita," tutur Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Freddy H Tulung di Jakarta, Kamis.


Ia menjelaskan, selama ini Raja Ampat di Provinsi Papua Barat, hanya dikenal sebagai lokasi menarik untuk menyelam, padahal potensinya masih sangat luas dengan keanekaragaman hayati laut, budaya dan sumber daya alam.


Freedy yang menjadi penanggung jawab media dan publikasi menjelaskan promosi "Sail Raja Ampat" di dalam negeri dilakukan dengan publikasi di media cetak, penyiaran, daring maupun publikasi secara tatap muka.


Freddy mengatakan pihaknya sudah melakukan seleksi terhadap beberapa media massa untuk menyiarkan info tentang "Sail Raja Ampat" melalui advertorial.


"Kami juga sedang menyiapkan diskusi publik di Jakarta dan Papua. Sasarannya adalah seluruh lapisan masyarakat, tetapi kami khususkan generasi muda seperti mahasiswa, pelajar, pekerja dan lain-lain," katanya.


Menurut Freddy, untuk promisi ke luar negeri, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, akan mengundang sejumlah  jurnalis asing untuk berkunjung ke Raja Ampat.


"Pada 'Sail Raja Ampat' juga akan ada parade kapal perang. Biasanya yang berpartisipasi adalah Australia, Singapura dan Amerika Serikat. Mereka akan menampilkan armada militer untuk tujuan damai," katanya.


Acara puncak Sail Raja Ampat akan dilaksanakan pada 21 Juli 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta.


Sebelumnya, Bupati Raja Ampat Markus Wanma juga mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan sejak November 2013 antara lain perpanjangan landasan pacu bandara dari 1.200 meter menjadi 1.600 meter, perbaikan sejumlah ruas jalan dan penyiapan sarana akomodasi untuk 1.200 kamar. "Persiapan ini sudah 80 persen," katanya.


Acara lain yang digelar di Sail Raja Ampat yaitu bakti sosial, pelayanan kesehatan, upacara bendera peringatan HUT RI ke-69, Gerakan Membangun Kampung, Lintas Nusantara Remaja, reli kapal layar (Yacht Rally), pemuda bahari, ekspedisi riset kelautan, aneka lomba, pameran dan pembangunan 1000 unit rumah layak huni.


(D018)

Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar