1.300 anggota paduan suara meriahkan "Aubade 1000"

id Aubade

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 1.300 anggota paduan suara se-Daerah Istimewa Yogyakarta akan memeriahkan "Aubade 1000", yang bertujuan untuk membangkitkan jiwa kebangsaan di kalangan generasi muda

"Mereka merupakan anggota dari 43 kelompok paduan suara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan itu akan digelar di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), 4 Mei 2014," kata Ketua Panitia `AUBADE 1000` Aryadi Asari di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, mereka akan menyanyikan enam lagu nasional yakni Nyiur Hijau, Pangeran Diponegoro, Indonesia Tetap Merdeka, Yogya Kembali, Maju Tak Gentar, dan Indonesia Jaya.

"`Aubade 1000` melibatkan kelompok paduan suara pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi, serta kelompok paduan suara umum," katanya.

Ia mengatakan beberapa sekolah itu di antaranya SD Keputran, SD Marsudirini, SD Wonosari, SMP Wates, SMP Muhammadiyah 9, SMP 1 Yogyakarta, SMP 8 Yogyakarta, SMA 3 Yogyakarta, SMA 1 Bantul, SMA Santa Maria, dan SMA Sang Timur.

"Perguruan tinggi yang terlibat di antaranya UGM, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Akprind," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu juga melibatkan kelompok paduan suara umum di antaranya PKK Bumijo, Gelora Bahana Patria, Rumah Sakit Bethesda, Sawo Kembar, dan Rumah Sakit Sardjito.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, juga akan ditampilkan solois soprano Siti Chairani Proehoeman. Penyanyi opera profesional lulusan Conservatorio Music di Santa Cecilia, Roma, itu akan tampil bersama menyanyikan lagu Nyiur Hijau.

"Selain itu juga akan ditampilkan dramaturgi tentang kisah Pangeran Diponegoro. `Aubade 1000` merupakan kerja sama antara Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM dan Paduan Suara Gelora Bahana Patria," katanya.

(B015)