The Sukarno Center serahkan penghargaan kepada presiden

id the sukarno center

The Sukarno Center serahkan penghargaan kepada presiden

The Sukarno Center (http://www.pendidikan.koranjuri.com)

Denpasar (Antara Jogja) - The Sukarno Center menyerahkan penghargaan kepada Presiden Susilo Bambang atas penilaian terhadap sikap, pandangan, dan konsistensinya ajaran Pancasila.

Penghargaan kepada kepala negara tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina The Sukarno Center Sukmawati Soekarnoputri di The Sukarno Center di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (7/5).

Presiden The Sukarno Center I Gusti Ngurah Arya Wedakarna di Denpasar, Kamis, mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan karena Presiden Yudhoyono telah  menerbitkan Surat Keputusan Presiden Nomor 83/TK/Tahun 2012 yang menetapkan Dr (HC) Ir Soekarno sebagai pahlawan nasional dan Pancasila telah ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

Dalam kesempatan itu Presiden menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara tak perlu diperdebatkan lagi, Pancasila harus menjadi  ideologi, dasar negara serta pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Para pemimpin di Indonesia diharapkan menjadi contoh dan meneladani pemikiran-pemikiran Bung Karno yang menjadi awal lahirnya Pancasila.

Presiden SBY menjelaskan Bung Karno adalah pemikir dan pejuang ulung. Bapak proklamator tersebut juga mampu menggelorakan semangat rakyat untuk mewujudkan cita-cita membangun solidaritas negara-negara yang dalam penindasan untuk menjadi negara yang merdekaa dan berdaulat.

Bung Karno juga ada di depan untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Sementara Sukmawati Soekarnoputri di hadapan presiden SBY dan sejumlah menteri Kabinet Pembangunan Indonesia II mengingatkan kembali ucapan terkenal Bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarahnya dan meneladani jiwa patriotik para pendiri bangsanya.

Berbicara Indonesia tentu akan selalu terhubung dengan peran Bung Karno, hal itu bukan karena Bung Karno adalah Presiden Indonesia pertama, namun juga penggali dasar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia yakni Pancasila.

"Kini tugas kita melestarikan cita-cita besar bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Sukmawati Soekarnoputri.

Presiden dan ibu negara Nyonya Ani Yudhoyono seusai menerima penghargaan tersebut menyempatkan diri meninjau The  Sukarno Center didampingi Sukmawati.
(I006)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024