Festival Nusa Penida dirangkaikan dengan peresmian KKP

id festival nusa penida

Festival Nusa Penida dirangkaikan dengan peresmian KKP

Kawasan Pantai Nusa Penida (Foto antaranews.com)

Semarapura (Antara Jogja) - Penyelenggaraan Festival Nusa Penida pada 8-11 Juni 2014 dirangkaikan dengan peresmian Kawasan Konservasi Perairan di pulau yang berjarak sekitar 11 kilometer sebelah selatan Pulau Bali itu.


Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Klungkung I Wayan Parna di Semarapura, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo. "Kami berharap Bapak Menteri bisa hadir pada peresmian KKP Nusa Penida itu," katanya.


Menurut dia, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akan menyampaikan undangan kepada Menteri secara langsung di Jakarta.


Ia berharap kegiatan tersebut dapat mempercepat kemajuan Nusa Penida di bidang pariwisata dan potensi masyarakat kepulauan Kabupaten Klungkung.


Pihak panitia telah mempersiapkan berbagai pertunjukan seni, seperti Gandrung Bangun Urip, Baris Jangkang, Sanghyang Gerodog, Sanghyang Jaran, Sanghyang Bojog, Tari Topeng, Silat Stembak, Kesenian Gambuh, Tarian Sanghyang Dedari, Angklung, Beleganjur, Cungklik, Mapeed Janur Gebogan, Parwa Wong Nusa, dan Rudat.


Selain itu, permainan tradisional Matulud, Makepung, Mapeed, dan pameran hasil kebun dan hasil kelautan masyarakat kepulauan.


Kegiatan tersebut juga akan diisi dengan lomba lintas alam yang pesertanya juga mendapat kesempatan menenun dan membajak di Desa Sakti dan Desa Tanglad.


Para peserta lomba juga diajak untuk ikut melestarikan terumbu karang di Pantai Crystal Bay dengan menumpang perahu tradisional.


"Kegiatan itu digelar di Nusa Penida, bukan karena Bapak Bupati berasal dari Nusa Penida, melainkan untuk membangkitkan Nusa Penida dari ketertinggalan dengan daerah lain di Bali pada umumnya," kata Wayan Parna.


Menurut dia, masih banyak potensi di Nusa Penida yang belum digarap secara maksimal.


(KR-GBI)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar