Pameran "Anak Sekolah Dasar" beri pelajaran berekspresi

id pameran lukisan

Pameran "Anak Sekolah Dasar" beri pelajaran berekspresi

ilustrasi (Foto askart.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pameran lukisan bertajuk "Anak Sekolah Dasar" yang menampilkan karya Bintang Tanatimur dan Faiz Robbani Imransyah memberi pelajaran mengenai makna kebebasan berekspresi.

"Dua anak yang tidak pernah mengecap sanggar lukis itu tidak diatur, apalagi disuruh untuk melukiskan sesuatu," kata pengamat seni rupa Nunuk Ambarwati di sela pameran "Anak Sekolah Dasar" di Galeri Biasa Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, karya-karya mereka lahir begitu saja dari pikiran dan imajinasi sebagai anak-anak yang hidup di lingkungan masing-masing, baik di Yogyakarta maupun Papua. Kedua anak itu masih belajar di kelas dua SD.

"Bintang saat ini sekolah di SDIT Alam `Nurul Islam` Gamping Sleman, sedangkan Faiz bersekolah di SD Muhammadiyah Abepura Jayapura. Mereka saling kenal sejak setahun lalu, saat Faiz berkunjung ke Yogyakarta akhir Juni 2013," katanya.

Ia mengatakan karya-karya mereka tidak bergaya tunggal. Mereka menerapkan berbagai gagasan baik gaya, teknik maupun tema yang berbeda dan dekat dengan diri mereka.

"Bintang dan Faiz secara bebas menorehkan segala kemampuan dan kemauannya dalam lukisan-lukisannya," katanya.

Menurut dia, kedua anak itu memiliki daya observasi yang cermat sehingga karya-karya mereka seakan-akan penuh dengan kreativitas, cerita, dan petualangan yang indah untuk dinikmati.

"Beruntung Bintang dan Faiz memiliki orang tua yang moderat. Tak setengah hati dalam mewadahi hobi anak-anaknya," katanya.

Ia mengatakan mereka tidak pernah ikut lomba, tetapi justru "lomba" yang diharapkan adalah berbentuk pameran. Pameran itu pasti menjadi kenangan yang berharga bagi mereka berdua.

"Pameran yang berlangsung hingga 17 Mei 2014 itu adalah `hadiah` apresiasi atas cinta orang tua mereka atas kecerdasan dan kreativitas pada usia emas," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024