Tim kampanye capres di Sleman deklarasi damai

id kampanye

Tim kampanye capres di Sleman deklarasi damai

Pemilu 2014 (antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Tim kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, menandatangani kesepakatan dan deklarasi untuk kampanye berintegritas dan damai.

Deklarasi kampanye berintegritas dan damai yang berlangsung di KPU Kabupaten Sleman dihadiri Bupati Sleman, Sri Purnomo, Kapolres Sleman AKBP Iksan Amin, Dandim 0732 Sleman, dan instansi terkait.

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan oleh tim kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang diwakili Sadar Narimo, tim kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang diwakili Wisnu Aji dan ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi serta Kapolres Sleman Iksan Amin.

Sedang isi deklarasi kampanye pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2014 yang berintegritas dan damai tersebut berisi tujuh butir yakni menjunjung tinggi pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945, menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama serta jati diri bangsa.

Kemudian menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesadaran hukum. Memberikan informasi yang benar, seimbang dan bertanggung jawab sebagai bagian dari pendidikan politik.

Menjalin komunikasi politik yang sehat antara pasangan calon dengan masyarakat sebagai bagian dari membangun budaya politik Indonesia yang demokratis dan bermartabat.

Materi kampanye disampaikan dengan cara sopan, tertib, mendidik, bijak, beradab dan tidak bersifat provokatif, dan tidak melakukan kampanye hitam dalam bentuk apapun.

Sedangkan baik Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, bahwa dalam masa kampanye yang berlangsung mulai 4 Juni 2014 sampai 5 Juli 2014 tersebut masyarakat maupun masing-masing tim kampanye kedua calon presiden harus mampu menjaga dan menciptaakan situasi yang kondusif di Kabupaten Sleman.

"Kami semua berharap agar deklarasi kampanye damai ini bukan sekadar deklarasi namun benar-benar menjadi komitmen bersama dan dilaksanakan baik oleh para pasangan calon, tim kampanye dan seluruh pendukungnya," katanya.

Ia juga berharap agar pelaksanaan kampanye nanti dapat berjalan lancar, aman, tertib dan damai.

"Tentu saja ini memerlukan dukungan semua pihak baik aparat keamanan, tim kampanye dan pendukung pasangan capres cawapres serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilpres kali ini," katanya.

Bupati Sleman meminta khususnya kepada para peserta dan tim kampanye agar dapat mengendalikan massanya, jangan sampai terjadi konflik dan permusuhan di antara para pendukung.

"Masing-masing harus mampu menahan diri dan memegang komitmen untuk melakukan kampanye damai ini. Terlebih lagi apabila menyadari bahwa politik pada dasarnya adalah sebuah upaya mengantarkan manusia ke kehidupan yang lebih dekat dengan perbaikan dan jauh dari kerusakan," katanya.

Pemilu Presiden 2014 diikuti dua pasangan yakni pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024