Wapres: Harganas mengingatkan pentingnya peran keluarga

id wapres

Wapres: Harganas mengingatkan pentingnya peran keluarga

Wakil Presiden RI, Boediono (Foto Antara)

Surabaya (Antara Jogja) - Wakil Presiden Boediono mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional 2014 diharapkan bisa menjadi momentum untuk mengingatkan pentingnya peran keluarga.

"Ini momentum untuk mengingatkan kembali peran keluarga bagi kehidupan pribadi, bagi generasi penerus bangsa ataupun bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Wapres Boediono saat menghadiri Harganas 2014 di Lapangan Makodam V Brawijaya, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Dia menambahkan kualitas keluarga menentukan kualitas manusia, sementara itu kualitas manusia menentukan kualitas suatu bangsa.

"Berhasil tidaknya kita memajukan suatu bangsa tergantung berhasil atau tidaknya kita menjadikan keluarga yang berkualitas," katanya.

Dia menambahkan, kualitas manusia dilihat berdasarkan keterampilan, keahlian, kemantapan pribadi dan keteguhan karakter.

"Seluruhnya bisa dimulai dari asuhan keluarga yang berkualitas," katanya.

Kepala BKKBN Fasli Jalal mengatakan, tema Harganas 2014 yaitu "Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera".

Sementara itu Motto Harganas 2014 adalah "Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera Keluarga Masa Depan Indonesia".

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso menambahkan Harganas 2014 bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menerapkan fungsi keluarga secara optimal.

"Ada delapan fungsi keluarga yang harus dijalankan oleh setiap keluarga Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan, delapan fungsi keluarga antara lain fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, dan pendidikan.

Selain itu, fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

Dengan fungsi keluarga, tambah Sudibyo, maka diharapkan bisa menghindari terjadinya kejahatan-kejahatan seksual terhadap anak.

"Ini tantangan kita bersama, pelaksanaan hari keluarga 2014 diwarnai dengan maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak," katanya.

Dia juga menambahkan, puncak peringatan Harganas biasanya dirayakan setiap tanggal 29 Juni namun dimajukan karena berbarengan dengan hiruk pikuk pemilihan presiden dan Bulan Suci Ramadhan.

W004

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024