Schumacher dipindahkan ke RS di Swiss

id schumacher dipindahkan ke rs

Schumacher dipindahkan ke RS di Swiss

Michael Schumacher (Foto antaranews.com)

Lyon (Antara/AFP Jogja) - Legenda hidup Formula 1 Michael Schumacher dipindahkan dari rumah sakit Prancis untuk mendapat perawatan di Swiss pada Senin, setelah pulih dari koma menyusul kecelakaan ski yang didapatnya pada Desember.


Pada pengumuman tersebut, juru bicara sang bintang balap yang sudah pensiun Sabine Kehm mengatakan Schumacher meninggalkan rumah sakit di kota Alpine Prancis Grenoble, di mana ia mendapat perawatan sejak Desember ketika kepalanya membentur batu saat sedang melakukan  olahraga ski dengan putra dan rekan-rekannya.


Pria 45 tahun itu dipindahkan ke rumah sakit di kota Swiss Lausanne, kata juru bocara rumah sakit Dacy Christen kepada AFP, di mana ia akan menjalani perawatan lanjutan.


"Keluarganya akan berterima kasih secara eksplisit kepada semua dokter, perawat, terapis yang telah merawatnya di Grenoble, serta para pemberi bantuan pertama pada kecelakaan itu, yang melakukan pekerjaan hebat pada bulan-bulan pertama ini," kata Kehm dalam pernyataannya.


"Untuk ke depannya kami meminta pemahaman untuk rehabilitasinya lebih lanjut, yang akan berlangsung jauh dari pandangan publik," tambahnya.


Kehm tidak memberi detail-detail mengenai kondisi Schumacher, yang dijaga ketat sejak kecelakaan yang menimpanya di resor Alpine Prancis di Meribel pada 29 Desember.


Juara dunia tujuh kali itu menjalani dua operasi untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan darah yang membahayakan hidupnya, setelah kecelakaan aneh yang mengejutkan dunia, sebelum kemudian masuk dalam kondisi koma.


Keluarganya mengumumkan pada akhir Januari bahwa obat-obatan yang digunakan untuk membuatnya tetap tidak sadarkan diri telah dikurangi, dengan pandangan agar hal itu dapat membangkitkan kesadarannya, namun hanya ada sangat sedikit detail mengenai apa yang terjadi.


Schumacher dikenal menyukai olahraga-olahraga yang memicu adrenalin, dan bahkan setelah pensiun dari dunia balap, ia tetap melakukan hobi-hobi berbahaya seperti berusaha mendapatkan lisensi pilot, mengendarai sepeda motor, terjun payung, dan mendaki gunung.


Ia selamat dari kecelakaan sepeda motor di Spanyol pada 2009, saat ia mengalami cedera minor pada kepala dan leher namun sudah diizinkan meninggalkan rumah sakit hanya dalam waktu lima jam.


Kecelakaan yang terjadi pada 29 Desember nyaris fatal, namun pada beberapa pernyataan yang dirilis ke media, istrinya Corina dan kedua anaknya mengatakan mereka masih yakin bahwa pria yang telah terhindar dari maut lebih dari satu kali di trek itu akan mampu melewatinya.


Pada pernyataan yang dikeluarkannya pada Senin, Kehm berkata bahwa keluarga Schumacher ingin "berterima kasih kepada semua orang yang telah mendoakan Michael."


(H-RF)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar