Sleman tawarkan empat lokasi "padusan" sambil wisata

id padusan di yogya

Sleman tawarkan empat lokasi "padusan" sambil wisata

Ilustrasi sejumlah orang melakukan "padusan" (antarafoto.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menawarkan empat lokasi "padusan" sambil berwisata di daerah setempat.

"Tradisi `padusan` atau mandi menjelang bulan Ramadhan masih kental di sebagian masyarakat Yogyakarta," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Disbudpar Sleman Wasita, Selasa.

Menurut dia, "padusan" merupakan tradisi dengan melakukan mandi di sebuah telaga, sumber mata air, atau sungai, untuk membersihkan diri lahir dan batin sebagai persiapan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Di Kabupaten Sleman setidaknya terdapat empat lokasi yang biasa digunakan untuk tradisi `padusan` secara massal sambil berwisata, yakni Umbul Pajangan di Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sendang Klangkapan di Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan, Sendang Ngepas Lor di Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, dan Umbul Temanten di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan," katanya.

Ia mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya, di empat lokasi tersebut banyak diminati warga untuk melakukan tradisi "padusan".

"Bahkan yang datang tidak hanya masyarakat Sleman, namun juga dari kabupaten/kota di DIY, maupun dari luar daerah seperti Kabupaten Magelang, Klaten, dan Kabupaten Purworejo (Jawa Tengah)," katanya.

Wasita berharap menjelang Ramadhan tahun ini tradisi "padusan" di empat lokasi tersebut lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk itu, diharapkan pihak pengelola lokasi padusan agar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya menyangkut kebersihan, kerapian, keamanan maupun penyediaan jasa kuliner bagi pengunjung," katanya.

Ia mengatakan dengan persiapan yang lebih baik dari pengelola maka pengunjung akan merasa nyaman dalam menjalankan tradisi padusan dan berdampak positif bagi pelakunya maupun bagi masyarakat setempat.
(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024