Sekda Sleman larang PNS terima parsel Lebaran

id sekda sleman larang

Sekda Sleman larang PNS terima parsel Lebaran

Parcel Lebaran (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sunartono, meminta pegawai negeri sipil di pemerintah daerah setempat untuk tidak menerima bingkisan atau parsel dari relasi.

"Parcel tidak dianjurkan, jika itu dari keluarga masih boleh. Yang tidak boleh adalah dari relasi, apalagi yang berkaitan dengan tugas," katanya di Sleman, Kamis.

Menurut dia, bingkisan atau parsel dari relasi dapat dipastikan akan mempengaruhi PNS dalam melaksanakan tugasnya. "Pasti berpengaruh kalau parsel itu berasal dari relasi, apalagi yang ada hubungan kerja," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemberian parsel dari relasi kerja tersebut juga bisa masuk ke ranah tindakan korupsi, karena bisa masuk ke perbuatan suap. "Parsel dari relasi bisa masuk kategori gratifikasi, dan itu bisa dijerat dengan hukum," katanya.

Sementara itu, Sunartono juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak membeli parsel lebaran agar tidak membeli yang sudah jadi. "Jika mau membeli parsel lebih baik memilih dan mengambil barang sendiri baru dikemas, bukan yang sudah jadi sehingga bisa memilih barang yang tidak kedaluwarsa," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat juga harus lebih hati-hati jika akan membeli makanan mentah yang masih harus diolah lagi.

"Harus dicek warna, biasanya kalau bahan untuk makanan saat dimasak warna akan sedikit pudar dan tidak nampak cerah," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024