DIY akan bangun lembaga pemasyarakatan khusus anak

id lapas

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta akan membangun lembaga pemasyarakatan khusus anak di kompleks Rumah Tahanan Negara II B Wonosari pada 2015.

Kepala Rutan Kelas II B Wonosari Ramdhani Boy di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pembangunan lapas anak dilakukan karena DIY belum memiliki.

"Sebenarnya rencana ini sudah lama direndanakan olek Kanwil Kemkumham DIY," kata Ramdhani.

Ramdhani mengatakan pemilihan di Gunung Kidul karena masih tersedia lahan di sekitar rutan yang belum digunakan. Pembangunan yang akan dimulai 2015 akan digunakan untuk menambung anak-anak yang terlibat kasus kejahatan.

"Anak yang terlibat kasus akan ditampung di sini," kata dia.

Dia mengatakan untuk tahap awal saat ini seluruh tahanan anak di DIY yang berjumlah 14 anak yang ditampung di blok khusus anak, yang sebelumnya digunakan blok wanita.

"Wanita sudah dipindah ke Wirogunan, dan sekarang digunakan blog khusus anak," kata dia.

Ia mengatakan, penanganan warga binaan anak berbeda dengan warga binaan dewasa. Warga binaan anak-anak diberikan fasilitas khusus seperti lokasi bermain, dan televisi. Selain itu fasilitas pendidikan tetap diberikan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gunung Kidul.

"Warga binaan anak-anak ini di bawah umur 18 tahun, dan masih sekolah, kami sediakan fasilitas pendidikan," katanya.

Penanganan yang berbeda ini diharapkan, anak-anak pelaku kejahatan kembali ke sekolah, dan memiliki masa depan. Materi pembelajaran juga tidak jauh berbeda dengan materi yang diajarkan siswa-siswi di sekolah pada umumnya.

"Pendidikannya tidak berbeda dengan pendidikan umum," katanya.

(KR-STR)