Pangandaran jadi tempat pertandingan PON XIX/2016 terjauh

id pon xix/2016

Pangandaran jadi tempat pertandingan PON XIX/2016 terjauh

logo PON XIX/2016 Jabar (antarajateng.com)

Bandung (Antara Jogja) - Daerah otonomi baru, Kabupaten Pangandaran akan menjadi venue atau tempat menggelar pertandingan PON XIX/2016 Jabar terjauh dibandingkan daerah lainnya di Jabar.

"Pertandingan PON XIX/2016 Jabar akan digelar di 14 kabupaten/kota di Jabar, dan venue pacuan kuda di Pangandaran merupakan venue terjauh dibanding daerah lainnya," kata Ketua I Panitia Besar PON XIX/2016 Jabar Ahmad Hadadi di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Daerah otonomi baru Pangandaran merupakan kawasan wisata di pantai selatan Jabar yang merupakan daerah pamekaran dari Kabupaten Ciamis. Jarak yang harus ditempuh dari Bandung ke Pangandaran mencapai 220 kilometer.

"Pangandaran khusus untuk nomor pacuan kuda, sedangkan untuk pertandingan equestrian akan digelar di Pusdikav Parongpong Kabupaten Bandung Barat," kata Hadadi.

Digelarnya nomor pertandingan pacuan kuda di Kabupaten Pangandaran itu, kata Hadadi karena Jabar tidak memiliki arena pacuan kuda yang berdekatan dengan Kota Bandung menyusul alih fungsi Pacuan Kuda Arcamanik menjadi Sarana Olahraga (SOR) yang juga akan digunakan untuk ajang pertandingan PON XIX/2016.

Ketetapan adanya venue pacuan kuda itu, merupakan kesungguhan Jabar untuk menggelar seluruh nomor pertandingan cabang berkuda yang tidak dipertandingkan pada PON XVIII/2012 di Riau. Saat itu Jabar merupakan provinsi terdepan mengusulkan berkuda dipertandingkan bersama tiga cabang olahraga lainnya yakni dansa, hoki dan drumband.

"Pangandaran memang memiliki fasilitas pacuan kuda yang sesuai standard pertandingan pacuan kuda, nanti akan dilengkapi dengan tribun," kata Hadadi.

Lebih lanjut, Hadadi yang juga Assisten Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setda jabar menyebutkan, PON XOIX/2016 Jabar akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dengan 755 nomor pertandingan. Pertandingan akan disebar di 14 kabupaten/kota di Jabar.

Sedangkan pertandingan terbanyak di Kota Bandung sebanyak 26 cabang olahraga, Kabupaten Bandung delapan cabang olahraga dan Kabupaten Bandung Barat lima cabang olahraga.

Sedangkan sisanya masing-masing satu cabang olahraga akan digelar di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Sumedang, Purwakarta, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Pangandaran, Karawang dan Kabupaten Bekasi.
(S033)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024