"Palapa RC" dirikan posko bantu pemudik

id palapa rc dirikan posko

"Palapa RC" dirikan posko bantu pemudik

Pemudik bersepeda motor (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Komunitas Pantau Laut dan Gempa atau "Palapa Rescue Communication" mendirikan pos komando di Bundaran Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk membantu pemudik maupun wisatawan saat liburan Lebaran 2014.

"Palapa RC siap membantu berbagai informasi terkini Bantul sisi selatan dan barat bagi para pemudik hingga 3 Agustus," kata pembina Palapa RC, Sumardi, Minggu.

Menurut dia, pendirian posko sepenuhnya membantu pemudik maupun pelancong yang melewati jalur di Kabupaten Bantul-Kulon Progo.

"Tidak sekadar informasi lalu lintas, semua informasi yang diinginkan semisal laporan kecelakaan, tempat wisata, maupun lainnya dari wilayah lain bisa kami bantu," katanya.

Ia mengatakan Palapa RC juga berada di frenkuensi 148.810 MHz, yang selalu terhubung dengan "Communication Rescue" (CORE) Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI DIY).

"ORARI sendiri sudah membentuk posko bantuan di Magelang (Jawa Tengah), Prambananm (Sleman), Pathuk (Gunung Kidul), dan Kawasan Stasiun Tugu (Yogyakarta)," katanya.

Sumardi mengatakan pendirian posko ini murni kesadaran dan sukarela dari anggota yang berjumlah 300 orang lebih yang tersebar merata di Bantul.

Suranto, salah satu anggota Palapa RC mengatakan, komunikasi radio ini cadangan komunikasi nasional. "Kami siap membantu ketika alat komunikasi utama terganggu seperti pada saat bencana alam dan keadaan emergency lainnya," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024