UGM perkuat asistensi pembelajaran semakin komprehensif

id ugm perkuat asistensi

UGM perkuat asistensi pembelajaran semakin komprehensif

Universitas Gadjah Mada

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berkomitmen terus memperkuat dan menjadikan peraturan tentang asistensi pembelajaran semakin komprehensif.

"Salah satu langkah yang ditempuh adalah menerbitkan Peraturan Rektor UGM Nomor 422/P/SK/HT/2014 tentang Asistensi Dalam Sistem Pembelajaran di Lingkungan UGM," kata Rektor UGM Pratikno di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, tujuan adanya asistensi sistem pembelajaran itu untuk membantu mahasiswa lebih mudah memahami materi pembelajaran agar terwujud capaian pembelajaran yang lebih baik dan komprehensif.

"Keberadaan peraturan itu bertujuan agar kegiatan asistensi pembelajaran di UGM bisa tepat sasaran dan berhasil dengan baik," katanya.

Ia mengatakan keberadaan peraturan itu akan menjadi "payung hukum" seluruh asistensi pembelajaran yang ada di UGM.

"Jenis asistensi meliputi asistensi mata kuliah, praktikum, dan tutorial. Kegiatan asistensi ditentukan oleh masing-masing fakultas dan melekat ke dalam mata kuliah," katanya.

Menurut dia, untuk pengangkatan asisten mahasiswa nanti akan di bawah kendali dosen pengampu setelah mendapat persetujuan dari jurusan.

"Untuk pengangkatan asisten mahasiswa tentu harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, kebutuhan kegiatan pembelajaran, dan anggaran yang tersedia," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024