Kepastian satu arah Jalan Simanjuntak tunggu sosialisasi

id satu arah

Kepastian satu arah Jalan Simanjuntak tunggu sosialisasi

Sosialisasi jalur satu arah FOTO ANTARA/Noveradika/12 ()

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kepastian dimulainya pemberlakuan perubahan arus lalu lintas kendaraan di Jalan C Simanjuntak menjadi satu arah menunggu hasil sosialisasi yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan masyarakat sekitar pada Kamis (14/8) malam.

"Belum ada kepastian waktu untuk pemberlakuannya. Kami tunggu hasil sosialisasinya, meskipun kami berharap bisa dilakukan secepatnya," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Rabu.

Meskipun belum ada kepastian dimulainya pemberlakuan kebijakan satu arah di Jalan C Simanjuntak, namun sudah banyak beredar gambar dan informasi di jejaring sosial, seperti twitter tentang waktu pemberlakukan satu arah di jalan tersebut.

Di jejaring sosial tersebut disebutkan bahwa uji coba satu arah di Jalan C Simanjuntak akan dilakukan pada Kamis (14/8), dan pemberlakuan arus kendaraan satu arah secara permanen dilakukan mulai Senin (18/8).

Di jejaring sosial itu disebutkan bahwa sumber informasi berasal dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

"Kami terkejut dengan adanya informasi di jejaring sosial itu. Meskipun demikian, kami mengucapkan banyak terima kasih. Gambarnya cukup bagus, namun tanggalnya masih salah," katanya.

Saat ini, lanjut dia, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sedang menyiapkan rambu-rambu untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemberlakukan arus lalu lintas satu arah di Jalan C Simanjuntak.

"Kemungkinan pemasangan rambu-rambu di Jalan C Simanjuntak baru akan dilakukan mulai awal pekan depan," katanya.

Saat kebijakan satu arah dinyatakan berlaku, arus lalu lintas kendaraan di Jalan C Simanjuntak mengalir dari utara menuju selatan dengan parkir kendaraan satu sisi, yaitu di sisi timur jalan.

Sedangkan rencana perubahan arus lalu lintas kendaraan di Jalan Profesor Yohannes menjadi satu arah masih menunggu keputusan bersama dengan Kabupaten Sleman.

"Kami berharap arus lalu lintas di Jalan Prof. Yohannes bisa diubah menjadi satu arah dalam waktu dekat," katanya.

Selain di kedua ruas jalan tersebut, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga merencanakan perubahan arus lalu lintas kendaraan di Jalan Kemasan dan Mondorakan, Kotagede, khusus untuk kendaraan roda empat.

"Tujuannya adalah memberikan kenyamanan yang lebih baik untuk masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi, seperti di pasar atau di sentra-sentra kerajinan perak setempat," katanya.

Perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah khusus untuk kendaraan roda empat itu rencananya baru akan ditindaklanjuti setelah perubahan arus lalu lintas di Jalan C Simanjuntak.

"Jalan Kemasan hanya akan mengarah ke selatan, dan Jalan Mondorakan ke barat," katanya.

  E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar