Lalu lintas searah Simanjuntak diberlakukan pekan depan

id lalu lintas searah

Lalu lintas searah Simanjuntak diberlakukan pekan depan

Polisi lalu lintas (Foto ANTARA/Noveradika)

Jogja (Antara Jogja) - Kebijakan perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di Jalan C Simanjuntak Yogyakarta dipastikan mulai diberlakukan pekan depan setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali uji coba.

"Berdasarkan hasil sosialisasi, maka kebijakan perubahan arus lalu lintas di Jalan C Simanjuntak mulai diberlakukan pada Senin (25/8) pagi sekitar pukul 08.00 WIB," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, selama tiga hari pada awal pemberlakukan kebijakan baru tersebut masih akan ada petugas yang berjaga sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jalan.

"Pada awal pelaksanaan, dimungkinkan masih ada pengguna jalan yang belum tahu dan belum terbiasa dengan perubahan arus lalu lintas di Jalan C Simanjuntak, sehingga masih diperlukan adanya petugas yang mengatur," katanya.

Pada pekan depan, arus lalu lintas di Jalan C Simanjuntak hanya akan mengalir dari utara ke selatan, dan parkir kendaraan berada di satu sisi jalan. Kebijakan penetapan satu arah di Jalan C Simanjuntak diberlakukan karena kepadatan kendaraan di jalan tersebut cukup tinggi.

Berdasarkan hasil pemantauan, perbandingan antara volume kendaraan dan kapasitas jalan di C Simanjuntak adalah 0,8 dan saat dilakukan uji coba, perbandingannya menurun menjadi 0,4 atau lalu lintas kendaraan berjalan dengan cukup lancar.

Selain menyiapkan petugas, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga menyiapkan rambu-rambu lalu lintas sebanyak 28 buah. Namun, rambu-rambu itu tidak hanya diperuntukkan di Jalan C Simanjuntak, tetapi juga untuk di Jalan Prof Yohanes.

"Rambu di Jalan C Simanjuntak akan mulai dipasang pada Senin (18/8), sedangkan untuk di Jalan Prof Yohanes belum akan dipasang karena belum akan diberlakukan perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di jalan tersebut. Kami masih akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman," katanya.

Perubahan arus lalu lintas di Jalan C Simanjuntak akan mengakibatkan kepadatan di sekitar simpang Mirota Kampus, namun Dinas Perhubungan akan melakukan antisipasi dengan memperpanjang lama lampu hijau di sisi timur sehingga kendaraan bisa mengalir lebih lancar.

Rencana perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di Jalan C Simanjuntak dam Jalan Prof Yohanes sudah direncanakan sekitar dua tahun lalu, namun baru bisa dilaksanakan tahun ini meskipun baru di satu ruas jalan.

(E013)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar