Bantul fasilitasi puluhan perajin ikuti pameran kerajinan

id bantul fasilitasi perajin

Bantul fasilitasi puluhan perajin ikuti pameran kerajinan

Perajin batik (Foto antarafoto.com)

Bantul  (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tiap tahun memfasilitasi puluhan perajin dari daerah ini untuk mengikuti pameran kerajinan mulai tingkat kabupaten, nasional maupun internasional.

"Pameran yang rutin dan biasa diikuti perajin di tingkat kabupaten satu event, tingkat DIY ada empat event, tingkat nasional delapan event, kemudian pameran tingkat nasional dua event," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Bantul, Sulistyanto, Senin.

Menurut dia, upaya tersebut diupayakan untuk membantu kalangan perajin maupun industri kuliner di daerah ini dalam promosi produk dengan harapan dapat meningkatkan omset dan volume penjualan baik langsung maupun tidak langsung.

"Dampak dari pameran jelas ada, karena ada transaksi lanjutan, dan selama ini terlihat ada peningkatkan transaksi pasca-mengikuti pameran, khususnya produk unggulan seperti batik, mebel, kerajinan gerabah dan produk pengembangan atau inovasi produk," katanya.

Ia mengatakan, khusus untuk pameran kerajinan yang digelar tingkat nasional tempat penyelenggaraan tiap tahun berpindah, dan untuk pelaksanaan tahun ini terdapat dua pemeran besar tingkat nasional yakni di Jakarta dan Bali.

"Kalau tingkat kabupaten kami menjadi bagian dari pihak penyelenggara, sementara untuk tingkat nasional maupun tingkat internasional Bantul sebagai peserta, dengan bekerja sama dengan pemerintah pusat," kata Sulistyanto.

Ia mengatakan, setidaknya setiap tahun pihaknya mendapat tawaran untuk mengikuti pameran kerajinan tingkat nasional sekitar 40 event di berbagai provinsi se Indonesia, namun demikian semua tawaran tersebut tidak sepenuhnya dihadiri.

"Dalam setahun ada sekitar 40 undangan pameran, karena hampir setiap provinsi di Indonesia mengadakan sendiri-sendiri, namun kami lihat potensinya dulu, dampak terhadap perajin bagaimana, jadi tidak hanya sekedar mengikuti pameran," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024