18 petugas disiapkan jaga Jalan Simanjuntak

id kota

18 petugas disiapkan jaga Jalan Simanjuntak

Dinas Perhubungan, logo (ist)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyiapkan 18 petugas untuk melakukan penjagaan di sejumlah titik sepanjang Jalan C. Simanjuntak saat dimulainya perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di ruas jalan tersebut mulai Senin (25/8).

"Petugas akan memberikan pengarahan kepada pengguna jalan termasuk berjaga di sejumlah gang yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut," kata Kepala Bidang Pengendalian Operasi dan Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Sugeng, petugas dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta sudah akan mulai berjaga pada pukul 07.30 WIB selama empat hari dibantu petugas dari Kepolisian Resor Kota Yogyakarta.

Sejumlah papan informasi mengenai perubahan arus lalu lintas di Jalan C. Simanjuntak sudah ditempatkan di beberapa lokasi, begitu pula rambu lalu lintas sudah dipasang. Saat perubahan arus lalu lintas diberlakukan, kendaraan hanya diperbolehkan melaju dari utara ke selatan.

"Parkir kendaraan pun hanya diperbolehkan di satu sisi jalan, yaitu di sisi timur. Kami sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan juru parkir yang ada," katanya.

Sebelum dilakukan perubahan arus lalu lintas secara permanen, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah melakukan serangkaian uji coba di ruas jalan tersebut dengan hasil cukup baik.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan, perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan menurun dari semula 0,8 menjadi 0,4 atau arus lalu lintas di ruas jalan tersebut semakin lancar.

Perubahan arus lalu lintas menjadi searah di ruas Jalan C. Simanjuntak sudah direncanakan sejak dua tahun lalu, namun baru bisa direalisasikan tahun ini. Di dalam rencana tersebut, tidak hanya ruas Jalan C. Simanjuntak yang akan diubah menjadi satu arah, tetapi juga di Jalan Prof. Yohanes.

Namun demikian, rencana perubahan arus lalu lintas menjadi satu arah di ruas Jalan Prof. Yohanes belum dapat dilakukan dalam waktu dekat.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, perubahan arus lalu lintas di jalan tersebut belum bisa dilakukan," katanya. Ruas Jalan Prof. Yohanes berada di dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar