Disbudparpora Kulon Progo upayakan "homestay" desa wisata

id homestay

Disbudparpora Kulon Progo upayakan "homestay" desa wisata

ilustrasi (hotelmurah.panduanwisata.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mengupayakan falitas penginapan dan homestay atau kamar sewa di desa wisata setempat.

Kepala Disbudparpora Eko Wisnu Wardana di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan pengembangan homestay difokuskan di Kecamatan Kalibawang, Kokap dan Samigaluh yang banyak dikembangkan untuk desa wisata berbasis alam dan religi dipadukan dengan kebudayaan masyarakat.

"Di tiga kecamatan tersebut ada tempat wisata yang menawarkan keindahan alam seperti Desa Wisata Kalibiru (Kokap), Desa Wisata Nglinggo (Samigaluh) dan Sendangsono serta agrowisata (Kalibawang). Desa wisata wilayah ini, juga didukung wisata budaya yang berkembang di wilayah itu," kata EKo.

Eko mengatakan desa wisata mendapatkan bantuan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Satu minggu lalu, ada dua desa wisata yang maju lomba tigkat nasional yakni Desa Wisata Kalibiru dan Desa Wisata Banjaroya.

"Dua desa wisata sudah dinilai. Tim juri memberikan masukan terkait pengelolaan homestay. Di mana homestay harus cukup pencahayaan, kebersihan dan udara yang segar. Hal ini, supaya wisatawan yang berkunjung benar-benar menikmati liburan dengan senang," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan pengelolaan homestay memang perlu ada pembinaan dan pendampingan dari segi udara, cahaya dan kebersihan.

"Sejauh ini, keberadaan homestay sangat menunjung bagi perkembangan desa wisata, khususnya di wilayah Perbukitan Menoreh. Sehingga, pendapatan masyarakat di kawasan wisata mengalami peningkatan," katanya.

Kasi Objek dan Sarana-Prasana Disbudparpora Kulon Progo Kuat Tri Utama mengatakan 10 desa wisata yang berkembang di Kulon Progo yakni Desa Wisata Banjarasri dan Banjaroya (Kecamatan Kalibawang), Desa Wisata Jatimulyo (Kecamatan Girimulyo), Desa Wisata Kalibiru (Kokap), Desa Wisata Nglinggo (Samigaluh), Desa Wisata Immorenggo (Kecamatan Galur) dan Desa Wisata Sidorejo (Kecamatan Lendah).

"Setiap desa wisata memiliki karakteristik tersendiri. Mulai dari keindahan alam hingga kegiatan industri," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar