"Aku Kau dan KUA" potret fenomena jodoh

id aku Kau dan kua

"Aku Kau dan KUA" potret fenomena jodoh

Film "Aku Kau dan KUA" (Foto twitter.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Film "Aku Kau dan KUA" memotret fenomena jodoh dan pernikahan sebagai hal yang melekat di masyarakat, kata Sutradara Monty Tiwa.

"Sebetulnya kekuatan dari film ini semuanya keseharian yang pasti semua orang pasti mengalami, seperti jodoh dan pernikahan," kata Monty saat konferensi pers pemutaran film "Aku Kau dan KUA" di Jakarta, Selasa.

Monty mengatakan pernikahan merupakan fase-fase yang sangat penting dan riil dalam kehidupan dengan menghadirkan permasalahan-permasalahan umum, seperti tidak direstui orang tua atau beda agama.

Karena itu, dia sebagai sutradara film bergenre komedi romantis itu mengatakan dalam pembuatannya, unsur keseharian tidak boleh lepas. "Ada unsur-unsur keseharian yang harus saya jaga, kita tidak melakukan 'shot-shot yang ekstrem, seperti terlalu 'high atau low angel", audiovisual juga harus mendukung, seriil mungkin," katanya.

Karena itu, kata Monty, film adaptasi novel yang berjudul sama dari akun Twitter @TweetNikah itu merupakan tantangan terbarunya untuk mencapai tontonan yang apik. "Salah satu tantangan dalam pembuatan film 'mainstream' di masyarakat yang majemuk adalah menghadirkan potret kemajemukan dalam bingkai yang 'aman," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, penulis skenario Cassandra Massardi mengaku tidak begitu kesulitan ketika menyusun skenario karena kausnya riil.

"Setelah saya diskusi dengan penulisnya, karena ini cerita sehari-hari, kita tidak kesulitan, enggak perlu banyak 'bumbu-bumbu'," katanya.

Penulis buku "Aku, Kau dan KUA" Adil juga mengatakan awalnya hanya membuat akun @TweetNikah sebatas berbagi pengalaman bagi pasangan-pasangan yang belum nikah. "Orang pikir pernikahan itu sekadar resepsi, ternyata masih banyak hal lebih jauh dari itu," katanya.

Film yang dibintangi aktor dan aktris kenamaan, seperti Deva Mahenra, Adipati Dolken, Eriska Rein, dan Nina Zatulini itu menawarkan adegan-adegan lucu, romantis yang tidak lepas dari kontekstual sehari-hari.

Film produksi Starvision ini bisa ditonton di bioskop mulai 11 September 2014.

(J010)
 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar