Kulon Progo gelar kontes kambing PE

id kambing

Kulon Progo gelar kontes kambing PE

ilustrsi (( antaranews.com))

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kontes ternak kambing peranakan etawa dan sapi putih.

Kepala Bidang Peternakan Diskepenak Kulon Progo Nur Syamsu Hidayat di Kulon Progo, Selasa, mengatakan bahwa biasanya kontes ternak, seperti kambing PE, dilakukan di sentra budi daya kambing PE, di Kokap, Samigaluh, ataupun di Girimulyo.

"Namun, untuk kontes kali ini, di lapangan Pengasih sehingga peternak membawa ternaknya ke lapangan. Kami berharap peternak yang tergabung dalam kelompok-kelompok turut serta berpartisipasi," kata Nur Syamsu.

Adapun kategori ternak yang ikut kontes Kambing PE ini adalah kambing PE pejantan dewasa, kambing PE calon pejantan, kambing PE induk dewasa dan kambing PE calon induk.

Kategori sapi putih peranakan Ongole (PO), kata dia, meliputi sapi PO induk dewasa dan sapi PO calon induk.

"Hadiah yang disediakan untuk kambing PE adalah kambing bligon betina, trofi, dan sertifikat. Pemenang juara satu kambing pejantan PE akan mendapat kambing, piala bergilir Bupati Cup dan sertifikat. Untuk sapi PO hadiahnya kambing bligon jantan, trofi, dan sertifikat," kata dia.

Dosen Fakultas Peternakan UGM Sumadi mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan kerja sama dalam rangka ulang tahun Fakultas Peternakan UGM, yang salah satu kegiatannya adalah mengadakan kontes ternak.

"Kegiatan ini sangat baik karena kami ikut prihatin, Kulon Progo yang banyak peternak�kambing PE, tetapi yang punya nama kabupaten lain. Kambing PE dari Kulon Progo dibawa ke luar daerah, dikembangkan dapat juara," katanya.

Sumadi berharap kegiatan itu akan berlangsung rutin dalam tahun-tahun mendatang sehingga keberadaan kambing PE maupun sapi PO yang ada di Kulon Progo menjadi lebih baik, lebih terkenal, dan tentunya berimbas kepada para peternak.

  KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024