Sebagian listrik DIY padam akibat PLTGU anjlok

id sebagian listrik diy

Sebagian listrik DIY padam akibat PLTGU anjlok

PT PLN

Jogja (Antara Jogja) - Sebagian listrik di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta padam akibat gangguan di PLTGU Tambak Lorok, Semarang, yang mengalami trip atau anjlok, Selasa malam.

"Listrik yang padam di antaranya sebagian besar wilayah Kota Yogyakarta, dan Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman," kata Humas PLN Area DIY Paulus Kardiman di Yogyakarta.

Menurut dia, gangguan itu menyebabkan trafo GI Kentungan, dan trafo 1 dan 2 Gejayan padam.

Ia mengatakan trafo tersebut mensuplai listrik ke sejumlah wilayah di sebagian Kota Yogyakarta, dan kawasan Kalasan, Kabupaten Sleman, sehingga pelanggan di daerah itu terdampak pemadaman listrik.

Paulus mengatakan PLN terus berupaya menormalkan, dengan pelimpahan beban antarkoneksi yang dilakukan bertahap. "Yang pasti, kami berupaya menormalkan aliran listrik di wilayah DIY. Mengenai perbaikan di PLTGU Tambak Lorok, kami tidak tahu sampai kapan bisa diselesaikan," katanya.

Pemadaman listrik itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, dan hingga pukul 20.00 WIB masih ada beberapa daerah yang masih padam. "Kami upayakan secepatnya untuk penormalan. Sudah ada beberapa daerah yang aliran listriknya kembali normal," katanya.

Selama proses penormalan dilakukan, PLN mengimbau pelanggan melepas kabel peralatan elektronik untuk sementara waktu, sebagai antisipasi kerusakan.

Sejumlah pengguna media sosial menyampaikan keluhan mengenai padamnya listrik, dengan menyebutkan sejumlah wilayah yang mengalami pemadaman itu di antaranya di kawasan Babarsari, Maguwo, Jalan Kaliurang, Kotabaru, dan seputaran kampus Universitas Negeri Yogyakarta.

Pengguna media sosial juga sempat menyampaikan bahwa listrik di sejumlah wilayah sempat menyala, namun kembali padam. Kemudian menyala kembali hanya beberapa menit, tetapi padam lagi.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024