Pemkab Sleman tetapkan Idul Adha sesuai isbat

id idul adha isbat

Pemkab Sleman tetapkan Idul Adha sesuai isbat

ilustrasi(( antaranews.com))

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah sesuai dengan sidang isbat yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia pada 24 September 2014.

"Pemerintah menetapkan tanggal 10 Dzulhijah 1435 Hijriyah atau Idul Adha jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Jumat.

Sehubungan dengan hal tersebut, katanya, Pemerintah Kabupaten Sleman mengeluarkan surat edaran Nomor 061.2/10352/BKD tanggal 13 Desember 2013, perihal Hari Libur Nasional dan cuti bersama Idul Adha tahun 2014 yang jatuh pada Minggu, 5 Oktober 2014.

"Namun dalam realitasnya sebagian masyarakat akan melaksanakan Idul Adha pada Sabtu 4 Oktober 2014," katanya.

Dalam surat edaran tersebut memerintahkan juga mengingatkan bahwa bagi unit kerja yang menerapkan enam hari kerja hari maka Sabtu 4 oktober 2014 bukan merupakan hari libur.

"Dengan adanya perbedaan penetapan Idul Adha 1435 Hijriyah dimohon agar semua pihak, khususnya PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman saling menghormati dalam pelaksanaannya," katanya.

Ia mengatakan, PNS di lingkungan Pemkab Sleman yang merayakan Idul Adha hari Sabtu diminta untuk dapat menyesuaikan, dengan tidak mengurangi hak dalam merayakan Idul Adha 1435 Hijriyah dan tetap memerhatikan efektivitas serta efisiensi kerja.

Sedangkan Bupati Sleman Sri Purnomo minta Panitia Hari Besar Islam (PHBI) untuk memfasilitasi keduanya, baik yang melaksanakan sholat Idul Adha pada Sabtu (4/10) ataupun Minggu (5/10).

Selain itu Bupati juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perayaan takbir keliling dengan konvoi di jalanan.

Sementara itu, untuk sekolah negeri di seluruh Kabupaten Sleman, pada Sabtu 4 Oktober kegiatan belajar mengajar ditiadakan sehingga semua siswa belajar di rumah, sedangkan sekolah swasta, menyesuaikan dengan kalender pendidikan masing-masing.

Bagi sekolah yang melakukan penyembelihan hewan kurban, diimbau untuk melaksanakannya padal 5 Oktober 2014.

(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024