Dishub Yogyakarta lengkapi tiga simpang dengan ATCS

id lampu merah

Dishub Yogyakarta lengkapi tiga simpang dengan ATCS

ilustrasi lampu lalin (Foto Antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta berencana melengkapi tiga simpang, yaitu Pojok Beteng Barat, Pojok Beteng Timur, dan Mirota Kampus, dengan "area traffic control system" guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Penambahan `area traffic control system` (ATCS) ini sudah masuk dalam proses lelang. Diharapkan dalam waktu dekat sudah ada pemenangnya dan sistem bisa dipasang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pemasangan ATCS di tiga simpang tersebut sudah sangat diperlukan karena kepadatan lalu lintasnya sangat fluktuatif sehingga perlu dilakukan penyesuaian fase lampu lalu lintas setiap saat.

Penambahan ATCS di lampu lalu lintas tersebut memungkinkan petugas untuk mengatur fase lampu lalu lintas dari ruang kontrol utama di Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

"Perubahan fase lampu lalu lintas tidak harus dilakukan di lokasi simpang, tetapi sudah bisa dilakukan langsung dari ruang kontrol," katanya.

Di tiap simpang yang akan dipasang ATCS tersebut juga dilengkapi dengan "closed circuit television" (CCTV) sehingga petugas di ruang kontrol bisa memantau kondisi lalu lintas sebelum memutuskan perubahan fase lampu lalu lintas.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengalokasikan dana sekitar Rp760 juta untuk pemasangan ATCS di tiga simpang itu. Pemasangan ATCS tersebut juga dilengkapi dengan pemasangan "backbone" atau penguat sinyal karena sistem ATCS tersebut menggunakan sinyal "wi-fi".

Sementara itu, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan penambahan ATCS di sejumlah simpang di wilayah Kota Yogyakarta tidak hanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, tetapi juga dilakukan oleh Dinas Perhubungan DIY.

Pada tahun ini, lanjut dia, Dinas Perhubungan DIY menambah ATCS di dua simpang, yaitu di Jembatan Kleringan dan di sekitar Hotel Melia Purosani.

Hingga akhir tahun, total simpang di Kota Yogyakarta yang sudah dilengkapi dengan ATCS berjumlah 17 simpang.

"ATCS yang nanti dipasang di tiga simpang tersebut pun memiliki spesifikasi dengan ATCS yang sudah terpasang," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024