Setda Sleman terbaik tata naskah dinas

id pemkab sleman yogya

Setda Sleman terbaik tata naskah dinas

Pemerintah Daerah Kabupaten Kulonprogo (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman berhasil meraih nilai tertinggi dalam kompetisi Penghargaan Bahasa dan Sastra 2014 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Penghargaan berupa trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta diserahkan Kepala Balai Bahasa Provinsi DIY dan diterima oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Susmiarto," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Selasa.

Balai Bahasa Provinsi DIY menggelar kompetisi Penghargaan Bahasa dan Sastra Tahun 2014 sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berbahasa Indonesia dalam penulisan tata naskah dinas,

"Selain itu, juga untuk menumbuhkan apresiasi sastra Indonesia di DIY, dan dikenalnya secara lebih luas karya sastra Indonesia terbaik di DIY," katanya.

Menurut dia, penghargaan Bahasa dan Sastra 2014 merupakan wujud komitmen dan kepedulian Balai Bahasa Provinsi DIY terhadap lembaga pemerintah, swasta, atau pribadi yang telah menunjukkan kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

"Khusus untuk penghargaan bahasa pada tahun 2014, diberikan kepada pengguna bahasa Indonesia terbaik dalam tata naskah dinas di lingkungan pemerintah kabupaten/kota dan majalah sekolah menengah atas (SMA)," katanya.

Penilaian dilakukan terhadap produk naskah dinas instansi pemerintah kabupaten/kota se-DIY, khususnya pada naskah dinas hasil kerja tahun 2013, yang ditekankan pada aspek penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

"Prestasi tersebut tidak terlepas dari peran seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dalam terus berupaya mengimplementasikan dan menaati Peraturan Bupati Sleman Nomor 5 Tahun 2012 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, yang di dalamnya termasuk kaidah-kaidah penggunaan bahasa Indonesia," katanya.

Endah mengatakan bahwa prestasi tersebut telah menjadi pemicu bagi jajaran Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman untuk terus berbenah dan memotivasi diri agar dapat menjadi teladan dalam penggunaan bahasa Indonesia, khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.
(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024