Pejabat DIY diharapkan aplikasikan keteladanan Nabi Muhammad

id pejabat DIY

Yogyakarta (Antara Jogja) - Para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan dapat mengaplikasikan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pengabdian sebagai aparatur pemerintahan.

"Dengan demikian diharapkan dapat mewujudkan negara yang kita impikan yakni `baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur` (negeri yang baik dan diridhoi Allah SWT) khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Rabu.

Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 Hijriyah, Sultan mengatakan peringatan itu dapat dijadikan sebagai momentum penting untuk memetik manfaat dan makna yang terkandung di dalamnya.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu diharapkan mampu menjadi motivasi bagi pejabat untuk membentuk mental, akhlak, dan kepribadian disertai keimanan yang kokoh dalam menghadapi segala tantangan dalam membangun daerah ini ke arah yang lebih baik di masa mendatang," katanya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama DIY Maskhul Haji mengatakan tujuan peringatan itu adalah umat Islam dapat meneladani perilaku Nabi Muhammad yang memiliki empat sifat yakni sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah.

"Hal itu diharapkan dapat mewujudkan kehidupan umat beragama yang agamis dan berbudaya sebagaimana telah diimplementasikan oleh para pendahulu kita pada zaman Kerajaan Mataram," katanya.

Selain itu juga ditemukan pada kegiatan keagamaan dan budaya di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, salah satunya adalah momentum yang sarat dengan makna ajaran yang dilestarikan melalui perayaan Sekaten yang sebutannya syahadatain.

Menurut dia, salah satu upaya mewujudkan tatanan masyarakat yang rukun dan damai tercermin dalam ungkapan "hamemayu hayuning bawono" yang mengandung makna kewajiban melindungi, memelihara, dan membina keselamatan dunia.

"`Piwulang` yang agung itu sangat relevan sekali dengan misi kenabian Muhammad SAW yakni menjadi rahmat bagi seluruh alam," katanya.

(B015)