RS Jogja uji coba perubahan jam besuk

id rs jogja

RS Jogja uji coba perubahan jam besuk

Rumah Sakit Jogja (Foto: istimewa, rumahsakitjogja.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Rumah Sakit Jogja akan memberlakukan uji coba perubahan jam kunjung untuk pasien rawat inap selama satu bulan penuh, mulai awal Februari 2015.

"Uji coba perubahan jam kunjung pasien rawat inap itu akan diberlakukan pada 1-28 Februari 2015," kata Direktur Rumah Sakit Jogja Tuty Setyowati di Yogyakarta, Kamis.

Jam kunjung pasien selama uji coba ditetapkan pukul 16.00 WIB - 19.00 WIB pada Senin sampai Jumat, sedangkan Sabtu, Minggu dan hari libur nasional ditetapkan pada pukul 10.00 WIB - 12.00 WIB dan pada pukul 16.00 WIB - 18.00 WIB.

Sebelumnya, jam kunjung Rumah Sakit Jogja ditetapkan pada pukul 10.00 WIB - 12.00 WIB dan pada sore hari pukul 16.00 WIB - 18.00 WIB.

"Harapannya, dengan jam kunjung yang lebih singkat, pasien juga memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat dan bisa segera sembuh dari penyakit yang dideritanya," katanya.

Selain menjaga kondisi pasien, lanjut Tuty, perubahan jam kunjung tersebut diberlakukan untuk menurunkan risiko penyebaran penyakit dan risiko infeksi nosokomial kepada pengunjung.

Tuty menjelaskan, sebelum menetapkan uji coba jam kunjung, pihaknya sudah melakukan survei terlebih dulu. "Jadi penetapan jam kunjung ini pun didasarkan pada hasil survei. Setelah dilakukan kajian, kami berani melakukan uji coba untuk jam besuk," katanya.

Tuty mengatakan, petugas di rumah sakit akan mengingatkan pengunjung apabila sudah melebihi jam besuk agar bisa segera meninggalkan rumah sakit.

Selain penerapan uji coba jam besuk, rumah sakit mulai menerapkan larangan bagi anak kecil untuk ikut menjenguk pasien karena mereka lebih rentan tertular penyakit.

Uji coba itu, lanjut Tuty akan dievaluasi sebelum ditetapkan sebagai jam kunjung pasien di Rumah Sakit Jogja secara resmi. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar