Disnakertrans Bantul fasilitasi perusahaan rekrut tenaga kerja

id tenaga kerja

Disnakertrans Bantul fasilitasi perusahaan rekrut tenaga kerja

Ilustrasi lowongan kerja (foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap memfasilitasi rekrutmen tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan setempat maupun perusahaan yang ada di luar daerah.

"Kami harapkan kalau ada perusahaan yang membuka lowongan atau butuh tenaga kerja bisa melalui dinas, dan kami siap memfasilitasi informasi maupun penyiapan tempat seleksi berikut konsumsinya," kata Kepala Disnakertrans Bantul Susanto, Kamis.

Menurut dia, langkah tersebut dilakukan instansinya sebagai bagian dari upaya membantu memberikan pekerjaan kepada pencari kerja asal Bantul, sekaligus menekan angka pengangguran di daerah ini yang masih tinggi yakni sekitar 26 ribu orang.

Angka pengangguran di Bantul itu, kata dia mayoritas lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat, karena tidak dapat meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, serta lulusan diploma maupun sarjana yang sedang mencari kerja.

"Kerja sama ini sudah dilakukan dengan perusahaan-perusahaan di Batam, bahkan setiap bulan sekali mereka menginformasikan melalui dinas kalau sedang membuka lowongan kerja," katanya.

Ia mengatakan dalam menyebarluaskan informasi lowongan kerja perusahaan-perusahaan pihaknya memanfaatkan web maupun papan informasi milik instansi ini, kemudian melalui media lokal khususnya radio, agar dapat diketahui masyarakat pencari kerja.

"Kami lakukan bagaimana caranya bisa diketahui pencari kerja, kami juga melakukan sosialisasi melalui program padat karya, agar nantinya kesempatan itu bisa diambil tenaga kerja," katanya.

Ia mengatakan, selain fasilitasi, pihaknya juga terbuka bagi perusahaan yang ingin membuka cabang di Bantul, bahkan pihaknya mengaku akan memberikan kemudahan dalam perizinan usaha asalkan mengutamakan tenaga kerja lokal.

"Bahkan kami bisa membantu mencarikan tempat, bahkan bagi mereka (pengusaha) yang mulai dari awal pun kami bantu carikan lokasi," kata Susanto.

(KR-HRI)