Gubernur DKI bertemu Menpan-RB bahas gaji PNS

id gaji pns

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) memberikan arahan saat pelantikan pimpinan tinggi pratama administrator, pengawas di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Balaikota, Jakarta. ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/15.)

Jakarta (Antara Jogja) - Gubernur DKI Jakarta mengatakan akan melakukan pertemuan dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddi Chrisnandi untuk membahas sistem gaji pegawai negeri sipil, Selasa.

"Hari ini saya memang akan bertemu Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk membahas soal sistem gaji seluruh PNS," kata Basuki di Jakarta.

Basuki mengatakan pertemuannya kali ini adalah tindak lanjut dari model penaikan gaji PNS yang diusulkan Presiden Joko Widodo dan diungkapkan padanya serta Menpan-RB.

"Kali ini pertemuan membicarakan sistem pelaksanaan atas ide Presiden bahwa satu provinsi jadi contoh untuk lainnya yang diungkapkan beberapa waktu lalu pada saya dan Menpan-RB," katanya.

Basuki menjelaskan dalam model yang diutarakan Presiden itu setiap provinsi harus menghitung penaikan gaji PNS berdasarkan luas wilayah yang dimiliki dan pendapatan daerah masing-masing.

"Dalam model tersebut sistem penetapan kenaikan gajinya harus didasarkan pada pendapatan daerah dan luas wilayahnya," ujarnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan ide mengukur kinerja PNS berdasarkan poin tercetus dari Presiden Joko Widodo. Tujuannya, untuk mendorong PNS semakin giat bekerja.

Untuk tahap awal, Ibu Kota yang lebih dulu akan menerapkan sistem itu. Bila berhasil, penerapan sistem kinerja PNS berbasis poin akan diperluas ke daerah lain.

"Presiden kan bilang mau model. Kita sepakat lakukan reformasi birokrasi dengan Presiden, Menpan dan saya waktu itu duduk kita udah ngomong. Bahwa inikan kelanjutan dari idenya Pak Presiden. Kita pengen satu provinsi jadi model dulu," ujar Basuki.

(R030)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar