Sampel apel di DIY negatif bakteri listeria

id bakteri listeria apel

Sampel apel di DIY negatif bakteri listeria

Ilustrasi buah apel import (Foto Antara/Zabur Karuru)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan sepuluh sampel apel impor yang telah melalui uji laboratorium negatif mengandung bakteri Listeria monocytogenes.

"Dari sepuluh sampel apel impor baik jenis Green Smith maupun Royal Gala yang kami uji, tidak satupun mengandung Listeria monocytogenes," kata Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DIY I Gusti Ayu Adhi Aryapatni saat melakukan jumpa pers di Yogyakarta, Rabu.

Kendati demikian, meskipun kesepuluh sampel apel tersebut terbukti aman dari bakteri Listeria monocytogenes, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM DIY tetap melarang peredaran apel baik jenis Green Smith maupun Royal Gala yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika Serikat (AS).

"Apel impor yang lainnya boleh beredar, kecuali yang dari Bidart Bros," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop UMKM DIY, Eko Witoyo.

Menurut Eko, kebijakan itu mengikuti Surat Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Nomor 178/Daglu/SD/1/2015. Larangan berlaku hingga ada keterangan resmi dari AS yang menyatakan kedua jenis apel produksi Bidart Bros itu aman dikonsumsi.

Menindaklanjuti kebijakan Kementerian Perdagangan tersebut, Balai Karantina Pertanian (BKP) DIY akan memaksimalkan pengawasan terkait kemungkinan masuknya apel dari Bidart Bros di berbagai pintu masuk baik melalui darat maupun udara.

"Kami juga terus melakukan uji laboratorium ," kata Petugas Fungsional Pengendali Organisme Penggangu Tumbuhan BKP DIY, Kristiana Ika Rini.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Aroofa Noor Indriyani mengatakan meskipun sampel apel hasil uji laboratorium negatif bakteri Listeria, untuk memastikan keamanan, masyarakat sebaiknya lebih mengutamakan membeli apel produk lokal.

"Sebaiknya lebih memilih apel lokal. Apalagi produk lokal kita tidak kalah dengan produk impor," kata Aroofa.

(L007)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024