Kerja sama DIY-Lapan diharapkan tingkatkan pendapatan nelayan

id nelayan

Kerja sama DIY-Lapan diharapkan tingkatkan pendapatan nelayan

Ikan hasil tangkapan nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul (Foto Antara/Mamiek)

Jogja (Antara Jogja) - Kerja sama antara Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional diharapkan dapat meningkatkan pendapatan nelayan di daerah tersebut.

"Kami berharap kerja sama itu dapat meningkatkan produktivitas tangkapan ikan di laut selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Kamis.

Pada penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah DIY dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), ia mengatakan saat ini potensi besar perikanan tangkap di laut selatan tersebut belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

"Potensi kelautan khususnya perikanan tangkap di DIY baru dimanfaatkan sekitar 50 persen, sedangkan setengahnya masih belum dioptimalkan," kata Sultan.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan kerja sama Lapan dengan DIY itu merupakan yang pertama dilakukan dengan daerah.

"Dalam kerja sama itu antara lain akan dikembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan kemaritiman dan perikanan rangkap berbasis satelit yang berfungsi sebagai penginderaan lingkungan maritim dan potensi laut selatan DIY," katanya.

Kepala Bappeda DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan kerja sama Pemerintah DIY dengan Lapan itu untuk memantapkan bidang sains dan atmosfer dengan memanfaatkan teknologi antariksa.

"Pemanfaatan sains dan teknologi antariksa itu untuk mendukung pengembangan teknologi kelautan dan perikanan DIY," katanya.

Menurut dia, Lapan memiliki sumber daya teknologi yang dapat membantu pembangunan DIY. DIY memerlukan sistem informasi yang aplikatif khususnya dalam bidang sains, antariksa, dan atmosfer.

Kerja sama itu antara lain meliputi penelitian, pengembangan, rekayasa hingga pengaplikasian seperti roket dan satelit.

"Kami akan melakukan pertukaran data, penyediaan sumber daya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, diseminasi dan publikasi ilmiah serta kerja sama lain yang dipandang perlu dengan Lapan," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024