Wantimpres : minapadi dan ugadi jadi percontohan nasional

id udang

Wantimpres : minapadi dan ugadi jadi percontohan nasional

Ilustrasi(Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Prof Sri Adiningsih mengakui pola mina padi dan udang galah padi yang dikembangkan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa dijadikan model secara nasional.

"Mina padi dan ugadi yang dikembangkan Sleman ini terbukti dapat meningkatkan produksi 20 sampai 30 persen yang dapat mendukung upaya pemerintah untuk swasembada pangan," kata Sri Adiningsih saat berkunjung ke Kelompok Tani Mina Muda Samberembe, Sleman, Jumat.

Menurut dia, model ini juga dapat menjadi potensi wisata mina tour karena banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

"Selain dapat menikmati keindahan lingkungan, belajar juga sekaligus menikmati makan ikan," katanya.

Ia mengatakan, ke depan mina padi dan ugadi perlu dikembangkan sehingga juga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi dan menghidupkan perekonomian.

"Melihat kondisi ini didukung dengan kelompok tani muda dan bimbingan para penyuluh maka gerakan semacam ini bila dilakukan di seluruh Indonesia untuk mencapai berdikari dalam pangan," katanya.

Adiningsih optimistis dengan mengembangkan mina padi dan ugadi ini maka berdikari pangan akan dapat tercapai lebih cepat dari target pemerintah selama tiga tahun.

"Apabila percontohan ini berhasil, Presiden RI sangat tertarik khususnya ugadi, kami akan melaporkan dan apabila memungkinkan mengupayakan untuk memanennya," katanya.

Adiningsih juga mengapresiasi kelompok tani dalam berkreasi untuk mengembangkan produk pangan yang terintegrasi yakni padi, udang, ikan dan tanaman lain seperti kacang panjang di pematang sawah dalam satu lahan pertanian yang bisa menjadi upaya yang mendukung program swasembada pangan dari pemerintah.
(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024