Menkop dorong kabupaten tingkatkan pertumbuhan ekonomi

id menkop AAGN Puspayoga

Menkop dorong kabupaten tingkatkan pertumbuhan ekonomi

Kementerian Koperasi dan UKM (Foto Ist)

"Program ini sudah membawa Bantul pada jalan yang benar, jadi saya yakin kalau ini diteruskan, maka apa yang kita harapkan semua, kesejahteraan akan meningkat," kata Puspayoga
Bantul, (Antara Jogja) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendorong kabupaten se Indonesia meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan program pemerintah tentang peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Apa yang diprogramkan Presiden Jokowi bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia harus meningkat, kalau tidak meningkat, maka kesejahteraan tidak meningkat, tempatnya dimana? di masing-masing kabupaten," kata Menteri disela peresmian pasar tradisional Desa Srigading, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Menteri mengatakan, kalau pertumbuhan ekonomi di seluruh kabupaten Indonesia meningkat, maka secara nasional pertumbuhan ekonomi secara nasional sudah bagus, dan kondisi tersebut akan meningkatkan kesejahteraan secara nasional.

"Sedangkan kalau masing-masing kabupaten kesejahteraan tidak meningkat karena pertumbuhan ekonomi yang tidak meningkat, maka secara nasional kesejahteraan rakyatnya juga tidak meningkat," katanya.

Menurut menteri, kabupaten yang sudah sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat salah satunya Kabupaten Bantul yang terus melakukan revitalisasi pasar tradisional dan membatasi berdirinya pasar modern.

"Program ini sudah membawa Bantul pada jalan yang benar, jadi saya yakin kalau ini diteruskan, maka apa yang kita harapkan semua, kesejahteraan akan meningkat," katanya.

Puspayoga mengatakan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kabupaten, pemerintah setempat harus melakukan bersama dengan dinas terkait, misalnya kalau di Bantul dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) serta Dinas Pertanian dan Kehutanan.

"Kunci permasalahan ada di kabupaten masing-masing, sehingga kalau program peningkatan ekonomi terus dilakukan dengan kerja sama Kementerian Koperasi, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian saya yakin akan bisa tingkatkan kesejahteraan rakyat," katanya. ***3***

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024