Lelang paket pekerjaan di ULP 18 persen

id lelang

Yogyakarta (Antara Jogja) - Total paket pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang sudah dilimpahkan ke Unit Layanan Pengadaan untuk dilelang mencapai 18 persen hingga akhir Februari dari total 196 paket pekerjaan pada 2015.

"Sudah ada 36 paket pekerjaan yang dilimpahkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), terdiri atas 31 paket pekerjaan jasa lainnya dan lima paket konsultasi," kata Kepala Bagian Pengendalian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakart Wasesa di Yogyakarta, Kamis.

Dari 36 paket pekerjaan yang sudah dilelang, sebanyak 15 paket di antaranya sudah selesai lelang atau sudah diperoleh pemenangnya.

Sebagian besar paket pekerjaan jasa lainnya yang sudah dilelangkan di ULP Kota Yogyakarta berasal dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta yaitu untuk pekerjaan penyapuan sejumlah ruas jalan.

Pada tahun anggaran 2015, total paket pekerjaan yang akan dilelangkan melalui ULP berjumlah 196 paket yang terdiri dari 45 paket pengadaan barang, 100 paket pekerjaan konstruksi, 35 paket pengadaan jasa lainnya, dan 16 paket pekerjaan konsultasi.

"Sampai saat ini, belum ada satupun paket pekerjaan pengadaan barang dan konstruksi yang masuk ke ULP," katanya.

Ia berharap, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang memiliki paket pekerjaan pengadaan barang dan pekerjaan konstruksi bisa segera melimpahkan paket tersebut ke ULP.

"Harapannya, tidak lebih dari Maret dan April, sehingga paket pekerjaan bisa segera dilelangkan dan pekerjaan fisik bisa segera dilakukan. Hal itu juga sesuai dengan instruksi dari pusat," katanya.

Setiap paket pekerjaan yang dilelangkan melalui ULP Kota Yogyakarta adalah paket pekerjaan yang memiliki nilai lebih dari Rp200 juta untuk pengadaan barang, konstruksi, dan jasa lainnya, sedangkan jasa konsultasi memiliki nilai lebih dari Rp50 juta.

Setiap lelang paket pekerjaan membutuhkan waktu sekitar 18 hari, kecuali jika terjadi gagal lelang sehingga harus diulang.

"Jika lelang berjalan lancar, waktu yang dibutuhkan tidak pernah lebih dari 18 hari untuk mengetahui pemenangnya," katanya yang menegaskan tidak ada pungutan apapun kepada peserta lelang di ULP Kota Yogyakarta.

Selain paket pekerjaan bernilai lebih dari Rp200 juta yang harus dilelangkan melalui ULP Kota Yogyakarta, terdapat paket pekerjaan yang dilakukan dengan penunjukan langsung dan pekerjaan swakelola.

Total paket pekerjaan oleh seluruh SKPD dan instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada 2015 mencapai 2.844 kegiatan dengan nilai Rp884,4 miliar.

  E013