DPRD Gunung Kidul siapkan catatan LKPJ bupati

id gunung kidul

DPRD (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sedang mempersiapkan catatan jawaban Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Periode 2010-2014.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan saat ini pihaknya tengah mempelajari laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ).

"Nantinya akan ada catatan dan rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul selanjutnya," kata Suharno.

Dia berharap catatan dewan bisa memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah dan akan ditindaklajuti.

"Catatan dan rekomendasi itu mencerminkan perhatian tinggi terhadap kinerja pemerintah daerah terkait dengan keberhasilan maupun kekurangan," kata dia.

Menurut dia, nantinya jika dalam LKPJ yang disampaikan bagus, artinya merupakan keberhasilan bersamal. Namun jika ada catatan, akan menjadi evaluasi.

"Kalau baik dikatakan baik, termasuk sebaliknya," katanya.

Anggota DPRD Gunung Kidul Heri Nugroho mengatakan LPJ selesai dibahas DPRD kemudian dewan akan mengeluarkan keputusan tentang catatan dan rekomendasi penyampaian keputusan pada Rapat Paripurna Istimewa pada Mei 2015.

"Isinya catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi penyelenggaraan tugas pemerintahan," kata Heri.

Ia mengatakan pihaknya tidak ingin berpolemik apakah nanti catatan akan dimanfaatkan untuk menjatuhkan secara politik Bupati Badingah. Fraksinya ingin catatan yang proposional.

Menurut dia, catatan tersebut memang menjadi hak anggota dewan. Jadi, tidak ada salahnya memberikan catatan apakah itu baik atau buruk. Menurut dia itu sah-sah saja dan sudah sesuai dengan mekanisme. "Kami bersifat proposional saja, yang baik ya baik yang kurang baik nanti dievaluasi," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar