Harrison Ford cedera dalam kecelakaan pesawat kecil

id harrison ford

Harrison Ford cedera dalam kecelakaan pesawat kecil

Harrison Ford (Foto Istimewa)

Los Angeles (Antara/Reuters Jogja) - Bintang film Harrison Ford, Kamis, cedera saat aktor "Star Wars" itu jatuh dari pesawat antiknya di lapangan golf Los Angeles, tidak lama setelah lepas landas dari bandara terdekat, kata publisisnya.

Pesawat bermesin tunggal itu menabrak pohon saat mencoba untuk kembali ke bandara Santa Monica, tidak lama setelah lepas landas, dan pilot pesawat tersebut "sadar dan berbicara" saat ia dibawa ke rumah sakit setempat, kata Asisten Kepala Pemadam Kebakaran di Los Angeles Patrick Butler.

Butler menolak untuk mengkonfirmasi apakah Ford ada di dalam pesawat berwarna kuning dan perak itu, tapi Ina Treciokas, publisis untuk aktor berusia 72 tahun tersebut mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi hal itu.

"Harrison menerbangkan pesawat WW2 antik hari ini, yang mengalami gangguan mesin pada saat lepas landas. Dia tidak punya pilihan lain selain melakukan pendaratan darurat, yang ia lakukan dengan aman. Dia terlempar dan kini berada di rumah sakit untuk menerima perawatan medis. Luka-luka yang terjadi tidak mengancam keselamatan jiwa, dan ia diharapkan dapat segera pulih seperti sedia kala."
   
Anak Ford, Ben, mengatakan di Twitter bahwa ia berada di rumah sakit. "Ayah OK. Babak belur tapi ok! Dia tetap seperti sebelumnya. Dia adalah orang yang sangat kuat."
   
Seorang juru bicara Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan pilot pesawat itu melaporkan kehilangan tenaga mesin segera sebelum kecelakaan di 02:20 PST (5:30 EST) terjadi tetapi badan tersebut akan melakukan penyelidikan penuh untuk menentukan penyebab kecelakaan.

Butler mengatakan pilot awalnya dirawat oleh orang-orang yang ada di lokasi sebelum paramedis datang dan diangkut ke sebuah rumah sakit setempat, di mana ia tercatat dalam kondisi tidak parah.

Paramedis "melakukan mobilisasi tulang belakang, mulai memasang infus dan semua protokol medis yang diperlukan," kata Butler.

Laman selebriti TMZ melaporkan bahwa Ford mengalami beberapa luka di kepala dan pendarahan hebat.

Ford, yang dikenal sebagai seorang arkeolog petualang Indiana Jones dalam film "Raiders of the Lost Ark" dan sekuel-sekuelnya serta  pahlawan ruang angkasa Han Solo di serial "Star Wars", adalah pilot yang cukup senior.

Carlos Lugo (63) mengatakan ia sedang bermain golf di Lapangan Golf Penmar ketika ia melihat sebuah pesawat yang baru saja lepas landas dari Bandara Santa Monica kehilangan fungsi mesin dan berbalik. "Ketika ia terbang di atas kami, kami tahu itu terlalu terlambat untuk kembali ke bandara," kata Lugo.

Pesawat Ryan Aeronautical yang terlibat dalam kecelakaan itu dibuat pada 1942, dan terdaftar pada perusahaan MG Aviation Inc, menurut catatan dalam jaringan FAA.

Pada 1999, Ford dan instruktur penerbangannya jatuh dalam kecelakaan helikopter di utara dari Los Angeles, dan helikopter itu juga telah terdaftar di Aviation, menurut laporan Los Angeles Times pada saat itu.

Ford mengalami patah kaki tahun lalu saat syuting di lokasi Disney "Star Wars: Episode VII" yang dibangun di Inggris, di mana ia mengulangi perannya sebagai Han Solo. Produksi pada film itu dihentikan selama dua pekan untuk menantinya pulih.

(G.N.C. Aryani)