Menkominfo dukung pengembangan TIK kepariwisataan DIY

id teknologi informasi

Menkominfo dukung pengembangan TIK kepariwisataan DIY

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Rudiantara mendukung pengembangan sarana teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks kepariwisataan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Sektor pariwisata mungkin paling pas dengan Yogyakarta, sehingga bagaimana kita mendukung TIK di Yogyakarta dalam konteks kepariwisataan," kata Menteri usai berkunjung ke Balai Pengkajian, Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta, Senin.

Menurut Menteri, pengembangan sektor pariwisata merupakan salah satu dari tujuh program yang menjadi fokus pemerintahan saat ini, sehingga Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya dan pariwisata perlu didukung pengembangannya.

"Ada juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) di wilayah perbatasan, akan tetapi yang paling besar itu pariwisata, karena di Yogyakarta bukan merupakan daerah perbatasan," katanya.

Oleh sebab itu, menurut Menteri, ketersediaan sarana maupun infrastruktur TIK di Yogyakarta dan sekitarnya perlu ditingkatkan, sehingga wisatawan yang berkunjung ke wilayah Yogyakarta bisa lebih betah.

"Misalkan semua daerah tujuan wisata di Yogyakarta ini, wi fi-nya apakah gratis, atau dipermudah semuanya, kalau menurut saya ini yang perlu kita tingkatkan," katanya.

Sementara itu, dalam kunjungan Menteri Kominfo tersebut juga ada penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 dari Lembaga Internasional PT TUV Rheiland kepada Kepala BPPKI Yogyakarta.

"Untuk BPPKI Yogyakarta yang harus dilihat ke depan adalah bagaimana melakukan kajian ataupun penelitian yang bagaimana perkembangan teknologi itu bisa memberi pengaruh perubahan tatanan masyarakat," kata Menteri.

(KR-HRI)