KSAU: AAU harus kembangkan inovasi dan kreativitas

id AAU

KSAU: AAU harus kembangkan inovasi dan kreativitas

Akademi Angkatan Udara (Foto militerania.blogspot.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Akademi Angkatan Udara harus mampu mengembangkan dan membawa semangat dan tradisi inovasi dan kreativitas yang tinggi, kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna.

"Akademi Angkatan Udara (AAU) sebagai lembaga pendidikan tidak boleh bekerja berdasarkan rutinitas semata," katanya pada upacara serah terima jabatan gubernur AAU di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta, Senin.

Jabatan gubernur AAU diserahterimakan dari Marsekal Muda TNI Sugihardjo kepada Marsekal Muda TNI Abdul Muis. Abdul Muis sebelumnya menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, sedangkan Sugihardjo selanjutnya menjabat Deputi Bidang Pengembangan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

KSAU mengatakan keberhasilan dalam mengimplementasikan tugas dan fungsinya sebagai lembaga yang strategis itu sangat penting artinya terutama dalam menentukan kualitas sumber daya perwira TNI AU di masa datang.

TNI AU, kata dia, saat ini dan masa datang akan selalu dihadapkan kepada tuntutan persyaratan kualitas dan kinerja yang profesional dengan intensitas tinggi.

"Oleh karena itu saya tekankan agar AAU terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hasil didiknya dalam semua aspek melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi dan pembenahan 10 komponen pendidikan secara konsisten," kata Agus.

Menurut dia, AAU harus membangun kerja sama lintas lembaga pendidikan baik melalui seminar maupun kajian dengan kreativitas dan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diarahkan untuk kepentingan pengembangan sumber daya manusia.

Para taruna dan taruni AAU juga diharapkan membudayakan sejak dini kreativitas dan inovasi serta tradisi belajar dan berlatih secara terencana dan mandiri.

"Hal itu sangat penting dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas, kapasitas, dan wawasan serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan jurusannya masing-masing," kata KSAU.

B015
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024