Lorenzo rayakan ultah dengan menangi Moto-GP Spanyol

id lorenzo

Lorenzo rayakan ultah dengan menangi Moto-GP Spanyol

Jorge Lorenzo (Foto antaranews.com)

Jerez de la Frontera (Antara/AFP Jogja) - Jorge Lorenzo merayakan dipertahankannya dirinya oleh Yamaha untuk musim depan dengan memenangi Grand Prix Spanyol di Jerez pada Minggu melalui penampilan meyakinkan, sekaligus memberi hadiah istimewa kepada dirinya sendiri yang pada Senin akan merayakan ulang tahun ke-28nya.  
   
Juara dunia dua kali itu, yang memenangi MotoGP pertamanya sejak balap di Jepang tahun lalu, begitu dominan atas juara dunia Marc Marquez yang mengendarai Honda, untuk memberikan hasil sempurna kepada mantan Raja Spanyol Juan Carlos, yang menyaksikan dari tribun bersama 120.000 penonton lainnya.

Marquez, yang tetap membalap meski jari kelingking tangan kirinya patah, mampu mengungguli legenda Italia sekaligus pemuncak klasemen pebalap Valentino Rossi, yang mendapat hadiah hiburan dengan menjadi pebalap pertama yang naik podium sebanyak 200 kali -- juara dunia 15 kali dan sesama orang Italia Giacomo Agostini, yang menyaksikan dari pit, merupakan sosok yang ada di daftar tersebut berikutnya dengan catatan 159 podium.

Rossi melakukan start yang bagus dengan naik dari posisi keenam ke posisi keempat, kontras dengan kompatriotnya Andrea Iannone yang melakukan kesalahan dengan koplingnya di garis start dan turun dari baris terdepan ke posisi kesembilan -- sedangkan pebalap Italia lainnya, Andrea Dovizioso, sempat masuk ke 'gravel' dan turun dari posisi kedelapan ke posisi terakhir meski ia mampu bangkit dan finis di sepuluh besar.

Lorenzo tidak memiliki masalah untuk menjauhkan diri dari kejaran Marquez, sedangkan Rossi naik ke posisi ketiga dengan 24 putaran tersisa.  
   
Berikutnya tetap sama, baik Marquez -- di mana tim Honda harus memodifikasi setangnya untuk memfasilitasi jari kelingkingnya yang patah -- atau Rossi tidak mampu bersaing dengan Lorenzo.

Dengan balap yang sudah berlangsung separuh jalan, ketiga pebalap terdepan mampu memelihara posisi mereka, di mana Marquez terlihat mampu mengatasi tekanan dari Rossi.

Bagaimanapun, dengan sepuluh putaran tersisa, pebalap Italia itu kemudian mulai melakukan pergerakan dan sedikit demi sedikit mulai mengurangi selisih waktu dengan sang juara dunia.

Pertarungan ketat berlanjut -- di mana Lorenzo telah mengamankan posisi terdepan -- ketika Rossi terlihat berupaya untuk menyalip Marquez, sebelum pebalap muda Spanyol itu memberi perlawanan dan menahan kemajuan Rossi.

(H-RF)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024