Lomba memasak berbahan salak munculkan banyak kreasi

id salak

Lomba memasak berbahan salak munculkan banyak kreasi

Salak pondoh (Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Berbagai kreasi masakan berhasil dimunculkan dalam lomba masakan berbahan dasar buah salak yang diselenggarakan panitia Hari Jadi Sleman ke 99 bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Buah salak yang melimpah di Kabupaten Sleman ternyata bisa diolah menjadi beraneka macam olahan baik olahan basah maupun kering. Seperti Pizza salak dan sate salam, selain itu juga dodol salak taart salak, puding salak, nastar salak, brownis salak, geplak salak dan berbagai kreasi lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, dipilihnya bahan dasar salak karena buah salak merupakan buah khas Sleman yang cukup mellimpah di Sleman dan pada saat panen raya harga salak anjlok.

"Untuk mengatasi masalah itu dengan mengolah salak menjadi aneka macam produk yang tidak hanya dinikmati buahnya yang segar saja namun diolah jadi berbagai macam olahan basah maupun kering. Dengan diolah menjadi berbagai olahan akan meningkatkan nilai ekonomis salak," katanya.

Ia mengatakan, lomba dilaksanakan bertahap mulai dari tingkat desa yang diikuti oleh seluruh padukuhan di Sleman sejumlah 1.212 padukuhan.

"Kemudian tingkat kecamatan dan juara I dan II di tingkat kecamatan berhak mengikuti lomba di tingkat Kabupaten yakni sejumlah 34 kelompok olahan basah dan 34 olahan kering," katanya.

Sebagai juri dari Pusat kajian makanan Tradisional UGM Zaki Utama dan Prof DR Ir Sri Anggraini, Agus Lidwines dari Rumah Pastry dan Culinary Wahyu Austin, Nurwahyuni dari Tarakanita Collage, Chef Suswanto dari Jogjakarta Plaza Hotel, Ir Sumirah dari Poltekes DIY.

Setelah melalui penjurian yang ketat akhirnya yang terpilih untuk jenis olahan kering sebagai juara I Kecamatan yakni Semple salak kreasi Naningsih dari Pakem, Juara II Cokies Daging Kelapa kreasi Nanik Maryani dari Ngemplak, Juara III Nastar salak kreasi Yuniasih dari Godean, juara IV Puff kering salak kreasi Tri Asri Astiani dari Seyegan dan Juara V oleh Tatik dari Kalasan.

Sementara untuk olahan basah juara I Cup cake salak Nur Kumarawati dari Gamping, juara II Sate Salak kreasi Rafiah dari Mlati dan Juara III Mafin Salak Oleh Hasanah Sofi dari Moyudan, Juara IV Jenang Salak Ibu Sukarjo Seyegan dan Juara V Klapertaart Roti oleh Nanik Sri Palupi dari Sleman.

Para juara masing masing menerima tropi, piagam dan uang pembinaan. Hadiah diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Hari Jadi Sleman Sukarno.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024