Syafii Maarif berharap pilkada munculkan pemimpin berintegritas

id syafii

Syafii Maarif berharap pilkada munculkan pemimpin berintegritas

Ahmad Syafii Maarif (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Mantan ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif mengatakan pemilihan kepala daerah yang akan diselenggarakan secara serentak pada 2015 diharapkan memunculkan pemimpin yang memiliki integritas.

"Memang harus ada regenerasi pemimpin, dan melalui pilkada mendatang mudah-mudahan akan ada generasi yang lebih baik," kata Buya Syafii seusai menjadi pembicara dalam Kongres Pancasila VII di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kultur politik yang mengawal pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) mendatang harus berubah ke arah yang berorientasi pada tanggung jawab kepemimpinan, bukan semata-mata kekuasaan.

"Kalau politik yang berkembang masih seperti sekarang ini, sangat susah memunculkan pemimpin," kata dia.

Para politisi saat ini, menurut dia, masih memiliki orientasi memperebutkan kekuasaan tanpa didasari keinginan luhur untuk menyelenggarakan pembangunan daerah secara optimal.

"Kalau politisi saat ini, saya lihat masih enggan naik kelas menjadi negarawan," kata dia.

Menurut dia, pergantian kepemimpinan daerah melalui pilkada sebaiknya bukan hanya sekadar seremonial yang mengedepankan prosedur secara serentak.

Pergantian orang yang akan menjabat sebagai gubernur, bupati, atau wali kota, menurut dia harus betul-betul mampu menghayati nilai Pancasila sebagai dasar negara.

"Bukan hanya persoalan pergantian muka-muka lama menjadi baru, tapi mereka (calon kepala daerah) juga harus serius menghayati nilai Pancasila," katanya.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024