Bantul bangun IPAL komunal lindungi kesehatan masyarakat

id ipal komunal

Bantul bangun IPAL komunal lindungi kesehatan masyarakat

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di wilayah Pelem Sewu, Desa Panggungharjo untuk melindungi kesehatan masyarakat setempat.

"Kami apresiasi warga Pelem Sewu sangat guyub rukun, bersedia bergotong royong, sehingga bisa terwujud kegiatan bersama yaki IPAL komunal untuk kesehatan masyarakat," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Bantul, Tri Saktiyana di Bantul, Minggu.

Menurut dia, IPAL Komunal di Pelem Sewu merupakan salah satu kegiatan pembangunan Pemkab Bantul pada 2014, yang dalam realisasinya mendapat swadaya masyarakat, IPAL ini telah diresmikan Bupati Bantul beberapa waktu lalu.

Tri Saktiyana mengatakan, Pelem Sewu merupakan pedukuhan di Desa Pangungharjo dengan penduduk yang padat, sehingga kesehatan masyarakat maupun lingkungan dengan sanitasi lingkungan, akan menjadi faktor sangat peting.

"Itu karena jamban satu dengan yang lain, septitank satu dengan yang lain, resapan satu dengan yang lain kalau tidak dibuat secara komunal, jaraknya tidak akan memenuhi syarat kesehatan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, keberadaan IPAL Komunal yang pengelolannya diserahkan kepada masyarakat setempat, masyarakatnya bisa terhindar dari kontamonasi bakteri E.coli yang sangat membahayakan.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menyampaikan ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, jika menerima proposal pembangunan di Pelem Sewu bisa diperhatikan dengan baik untuk kemajuan.

"Bupati Bantul juga pesan, kalau yang kaya di Bantul itu bukan pemerintahnnya, tapi adalah masyarakatnya, sehingga walaupun Pemkab Bantul memberikan stimulan, tentu stimulan tidak akan sebesar swadaya masyakatnya," katanya.

Tri Saktiyana juga meminta kepada warga Pelem Sewu selalu guyub rukun untuk bisa bangket dan menyelesaikan pembangunan jalan lingkungan setempat.

"Kami dari Pemda Bantul siap untuk `sengkuyung` memberikan bantuan stimulan lewat Kabag AP (Kepala Bagian Administrasi Pembangunan) Bantul," katanya.***4***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024