PMI Bantul safari donor darah jaga stok

id PMI, bantul

PMI (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Ramadhan 1436 Hijriah mengintensifkan safari donor darah ke masjid-masjid untuk menjaga stok darah agar tetap tersedia selama puasa tersebut.

Staf Seksi Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Bantul, Lutfi Nur Fajar di Bantul, Minggu, mengatakan tingkat relawan yang mendonorkan darah mengalami penurunan saat bulan puasa, sehingga perlu ada upaya dengan mendatangi pendonor.

"Kalau siang hari kebanyakan pendonor sukarela sedang berpuasa sehingga tidak bisa mendonorkan darah, jadi donor darah hanya bisa dilakukan malam hari, sehingga kami safari ke masjid usai Shalat Tarawih," ujarnya.

Menurut dia, safari donor darah yang dilakukan PMI, hingga kini telah dilakukan di dua masjid berbeda, yakni di Masjid Badegan, Bantul dan Masjid Aminin Kentolan Lor, Desa Guwosari yang setiap lokasi mampu mengumpulkan 10 kantong darah.

"Kami memang tidak menarget harus dapat berapa (kantong darah), karena bagi kami kalau ada masyarakat yang mau mendonorkan darah saja kami sudah senang," ucapnya.

Menurut dia, kebutuhan darah untuk pasien rumah sakit di Bantul sangat tinggi, permintaan darah ke PMI saja rata-rata mencapai sekitar 700 sampai 800 kantong per bulan, meski jumlah permintaan tidak selalu terpenuhi, apalagi jika hanya mengandalkan pendonor rutin.

"Bisa dikatakan PMI Bantul selalu kekurangan pendonor, terlebih memasuki bulan puasa seperti ini," tukasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, safari donor darah ke masjid selain untuk mengumpulkan darah juga untuk menjaga stok darah agar tetap aman hingga dua minggu pasca-Lebaran, dan malam hari pada Ramadhan dinilai sebagai momen yang tepat mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Pertengahan puasa hingga dua minggu pascalebaran biasanya stok sangat tipis bahkan drop. Selain itu kami juga perlu mensosialisasikan pada masyarakat tentang manfaat donor darah," tambahnya.

Pihaknya berharap, program safari donor darah ini mendapat sambutan baik dari masyarakat, begitu juga kalau ada perkumpulan maupun komunitas yang hendak melakukan donor bisa menghubungi Kantor PMI Bantul.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar