Plastik masih jadi komoditas andalan masyarakat

id plastik sinar joyoboyo

Plastik masih jadi komoditas andalan masyarakat

Sebar Takjil Ramadhan 1436 H Sinar Joyoboyo Plastik. (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Plastik masih menjadi komoditas andalan masyarakat dalam menunjang aktivitas sehari-hari, seperti membungkus makanan atau minuman menjelang berbuka puasa, kata General Manager Sales and Marketing Sinar Joyoboyo Plastik Handoko Sidharta.

"Dalam kehidupan manusia, keberadaan plastik telah menjadi bagian yang sulit terpisahkan," katanya di sela `Roadshow Sebar Takjil Ramadhan 1436 H Sinar Joyoboyo Plastik` di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, Ramadhan selain untuk menunaikan ibadah puasa juga sering dijadikan peluang bisnis para pelaku usaha kecil terutama dalam bidang makanan dan minuman. Hal itu meningkatkan konsumsi plastik di tengah masyarakat.

"Untuk itu, kami hadir melalui produk plastik sebagai solusi di tengah menjamurnya para pelaku usaha musiman pada Bulan Suci Ramadhan. Untuk menanggapi tingginya konsumsi plastik itu kami menggelar `roadshow`," katanya.

Ia mengatakan "roadshow" tersebut dilakukan ke berbagai daerah di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Barat.

"Roadshow" digelar di lima pusat jajanan takjil yakni Yogyakarta pada 22-23 Juni 2015, Solo (24-25/6), Malang (27-28/6), Banjar (1-2/7), dan Purwokerto (4-5/7).

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan memberikan edukasi sekaligus meningkatkan wawasan masyarakat terhadap plastik sesuai dengan tipe dan fungsinya melalui kampanye "Kenali Plastikmu".

"Roadshow tersebut diisi berbagai kegiatan edukasi kepada para pengunjung, dan ajakan berbagi melalui sebar takjil yang melibatkan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar lima kawasan itu," katanya.

Ia mengatakan tingginya konsumsi plastik pada Bulan Ramadhan menjadi fokus perhatian Sinar Joyoboyo Plastik yang menghadirkan plastik kemasan yang aman untuk makanan sebagai bukti nyata turut menjaga keamanan jajanan kuliner.

"Kebutuhan plastik memang cenderung tinggi pada momentum penting seperti Ramadhan dan Lebaran. Oleh karena itu, kami menyiapkan stok yang memadai untuk mencukupi kebutuhan tersebut," kata Handoko.

Marketing Department Head Sinar Joyoboyo Plastik Gilang Yogantoro mengatakan pihaknya mengakomodasi tingginya kebutuhan plastik melalui produk plastik yang aman untuk makanan dan ramah lingkungan.

Inovasi tersebut, kata dia, berupa penerapan Oxo-Biodegradable yang mampu membuat plastik mudah terurai sehingga ramah lingkungan.

"Melalui sistem manajemen pengawasan mutu produksi berstandar ISO, produk plastik kami diolah dari bahan biji plastik murni yang aman untuk makanan, dan telah lulus uji degradasi dari Environment Product Inc (EPI)," kata Gilang.
B015
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024