Mahasiswa UNY berdayakan anak panti asuhan

id uny

Mahasiswa UNY berdayakan anak panti asuhan

UNY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta memberdayakan anak-anak Panti Asuhan Mafaza Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, melalui program pendidikan karakter kepemimpinan.

"Program tersebut merupakan upaya meningkatkan pendidikan karakter di panti asuhan dan memupuk rasa percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin," kata ketua kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Nur Maladewi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, penerapan "leading character program" dalam panti asuhan tersebut potensial karena anak-anak bersekolah di SMA di mana karakter kepemimpinan dibutuhkan oleh mereka baik di dunia kerja maupun perkuliahan setelah lulus SMA.

Selain itu, kata dia, "leading character" bisa tumbuh dan berkembang sehingga perlu program untuk meningkatkan dan mengembangkan karakter kepemimpinan pada khususnya dan pendidikan karakter pada umumnya.

Ia mengatakan kegiatan "leading character program" meliputi empat tahap yakni seminar "leading character", "leading character game", "trip to keraton", dan "leading character camp".

"Kegiatan itu dilaksanakan sebagai respons atas kurangnya sosialisasi tentang `leading character` untuk peserta didik khususnya siswa SMA sederajat. Hal itu menjadi alasan pentingnya program `leading character` digerakkan," katanya.

Selain itu, kurangnya kesadaran dari peserta didik maupun komponen pendidikan untuk menerapkan "leading character" menjadi penyebab utama peserta didik kurang mengetahui konsep seorang pemimpin yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, kata dia, pembentukan karakter di kalangan peserta didik sangat penting. Salah satu pendidikan karakter yang cukup penting untuk dipelajari dan diharapkan oleh masyarakat Indonesia adalah pendidikan karakter kepemimpinan.

"Karakter kepemimpinan adalah karakter yang berada dalam diri setiap individu seperti karakter memimpin, mempengaruhi dan bertanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain," katanya.

Anggota kelompok mahasiswa UNY yang memberdayakan anak-anak panti asuhan melalui program pendidikan karakter kependidikan itu antara lain Aurora Agasi, Wildan Isnaini Yahya, dan Sutrisno.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024