Transmigran ke Bulungan diberangkatkan Oktober

id transmigran

Transmigran ke Bulungan diberangkatkan Oktober

ilustrasi (Foto ANTARA/Sidik (dok))

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta memastikan akan memberangkatkan transmigran ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara Oktober mendatang.

"Persiapan di lokasi penempatan masih terus dilakukan, seperti membuka lahan dan menyiapkan rumah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal transmigran. Harapannya, seluruh pekerjaan bisa selesai Oktober dan transmigran bisa diberangkatkan ke sana," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta Hadi Muchtar di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, akan ada sekitar lima atau 10 kepala keluarga yang diberangkatkan sebagai transmigran ke Kabupaten Bulungan pada tahun ini, atau komposisinya disesuaikan dengan total jumlah transmigran yang akan diberangkatkan dari DIY.

      Hadi menyebut, Kota Yogyakarta telah beberapa kali mengirim transmigran ke Kabupaten Bulungan dan di lokasi tersebut semuanya cukup terjamin meski jauh dari pusat kota.

"Akses ke pusat kota ditempuh menggunakan perahu. Banyak transmigran yang juga bekerja sebagai pedagang di pasar tradisional terdekat, atau menjadi tukang ojek dan bekerja di kebun sawit selepas mengolah lahan milik mereka," katanya.

Selain rumah dan pekarangan, transmigran yang diberangkatkan ke Bulungan akan memperoleh lahan pertanian yang cukup luas untuk diolah.

Sebelum diberangkatkan, transmigran dari Kota Yogyakarta akan memperoleh pelatihan pertanian dan bantuan peralatan pertanian untuk mengolah lahannya.

"Di lokasi transmigrasi, lahan pertaniannya cukup subur sehingga transmigran tidak akan banyak mengalami kesulitan untuk bercocok tanam," katanya. Setiap transmigran juga akan memperoleh jaminan hidup selama dua tahun pertama di lokasi.

Saat ini, sudah ada sekitar 65 kepala keluarga yang mendaftar sebagai transmigran dan akan diseleksi oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sebelum diberangkatkan.

"Transmigran harus sudah berkeluarga, dan usianya pun masih produktif. Jangan terlalu tua, nanti mereka kesulitan beradaptasi dengan lingkungan yang baru," katanya.

Selain di Kabupaten Bulungan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga menerima penawaran transmigrasi dari Gorontalo. "Namun, untuk Gorontalo belum bisa dipenuhi dan masih harus melakukan survei lapangan terlebih dulu," katanya.

Pada tahun ini, Kota Yogyakarta memiliki kuota 15 kepala keluarga untuk menjadi transmigran. Selain Bulungan, daerah lain yang menjadi tujuan transmigrasi adalah Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kendari. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024